Wow, Ternyata Kopi Dari Daerah Ini Bisa Membuat Awet Muda

JABARNEWS | BANDUNG – Pada umumnya kopi digunakan sebagai lulur atau dijadikan bahan pelembap untuk perawatan kecantikan. Akan tetapi, jenis kopi ini harus diseruput untuk mendapatkan manfaatnya bagi kecantikan.

Leluhur orang Yunani yang tinggal di pulau Ikaria ternyata memiliki kebiasaan meminum kopi yang membuat mereka awet muda dan berusia panjang. Kopi tersebut adalah kopi yang tumbuh di pulau Ikaria.

Cara mengonsumsi kopinya pun sama seperti kopi lainnya. Menurut para peneliti, kopi yang tumbuh di pulau tersebut kaya akan polifenol dan antioksidan, jumlah kafeinnya lebih sedikit dibanding kopi lain, sehingga memberikan efek yang berbeda. Jika dikonsumsi, kopi ini bisa membuat sel-sel pada tubuh beregenerasi dengan baik. Ini juga membuat usia seseorang jadi lebih panjang.

Baca Juga:  Inilah Empat Cara Alami Untuk Mengobati Luka Bakar

Tak hanya itu saja, ada alasan lain mengapa masyarakat dunia memperhatikan pola makan masyarakat Yunani selain diet Mediterania dan konsumsi Greek yogurt yang terkenal sehat. Sebuah penelitian terbaru menyatakan konsumsi Greek coffee menjadi rahasia panjang umur mereka.

Faktanya, hanya 0,1 persen masyarakat Eropa yang hidup dicatas umur 90 tahun. Namun, di Pulau Ikaria, jumlah orang yang hidup diatas umur 89 tahun 10 kali lebih banyak daripada negara-negara Eropa lainnya.

Gerasimos Siasos, selaku dokter medis dan profesor dari University of Athens Medical School, Yunani meneliti lebih jauh rahasia umur panjang masyarakat pulau Ikaria. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Vascular Medicine ini melihat secara spesifik hubungan antara kesehatan jantung dan konsumsi kopi, khusunya Greek coffee.

Baca Juga:  Timnas Indonesia Pernah Dibantai Irak, Shin Tae-yong: Bola Itu Bundar!

Greek coffee atau Turkish coffee sendiri merujuk pada teknik pembuatan minuman kopi. Biji kopi yang sudah dihaluskan direbus bersama air dan gula dalam cezve atau teko dengan pegangan panjang. Setelah itu kopi dituangkan ke dalam cangkir dan didiamkan beberapa terlebih dahulu.

Tim peneliti melihat secara spesifik hubungan antara kebiasaan minum kopi dan fungsi sel endothelial partisipan. Sel endothelial menghubungan seluruh sistem sirkulasi darah mulai dari jantung hingga pembuluh darah kapiler. Fungsi lapisan sel ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penuaan dan kebiasaan gaya hidup.

Baca Juga:  Warga Subang Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Laut Kejawanan Cirebon

Studi ini melibatkan 71 pria dan 71 wanita yang masing-masing berumur diatas 65 tahun dan tinggal di pulau Ikaria, Yunani. Para partisipan melewati proses cek kesehatan dan menjawab kuisioner tentang sejarah kesehatan, gaya hidup, dan konsumsi kopi.

Peneliti menemukan lebih dari 87 persen kopi yang dikonsumsi adalah Greek coffee rebus dan partisipan yang mengonsumsi kopi tersebut mempunyai fungsi endothelial lebih baik daripada partisipan yang mengonsumsi tipe kopi lainnya.

“Greek coffee rebus yang kaya akan polyphenols, antioksidan, dan lebih rendah kafein, menunjukkan manfaat yang lebih baik dibandingkan minuman kopi lainnya,” tutur Siasos kepada Counsel & Heal. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Liputan6

Jabarnews | Berita Jawa Barat