Aplikasi Siks NG Permudah Operator Desa

JABARNEWS | MAJALENGKA – Aplikasi sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (Siks NG) mulai diperkenalkan dan disosialisasikan di tingkat desa. Tujuannya untuk mempermudah pengolahan dan penyajian data. Aplikasi ini juga mencantumkan karakteristik data demografis by nama by addres serta kondisi sosial ekonomi.

Hal ini diungkapkan Ketua Forum TKSK Kabupaten Majalengka, Asep Saepudin, saat sosialisasi aplikasi Siks NG di aula desa Cisambeng Kecamatan Palasah, Senin (23/4/2018). Pihaknya mengatakan ?melalui aplikasi ini pihak operator desa bisa melakukan perbaikan, pelengkapan, perubahan dan penggantian data, sesuai dengan pergantian yang ada.

Baca Juga:  BI Bakal Pangkas Biaya Transfer Antarbank Jadi Rp2.500, Cek Disini

“Aplikasi ini dibuat dan milik Kementrian Sosial. Aplikasi ini mulai disosialisasikan pada April ini. Tujuannya juga jelas yakni mempermudah pihak desa untuk memperbaiki perubahan data. Operatornya diutamakan yang faham IT,” ungkapnya.

Baca Juga:  Wakil Ketua Jokma Jabar Beri Bantuan Kubah Masjid Nurul Haq

Asep menambahkan sosialisasi aplikasi tersebut khususnya di Majalengka harus selesai sebelum bulan Mei 2018. Sebelum 20 Mei setiap desa harus mulai ada perbaikan. Harapannya, nanti ketika ada pergantian pindah tempat tinggal, meninggal, ganda, mampu atau yang menolak bantuan bisa segera diubah sebagaimana mestinya.

Baca Juga:  Rifqi: Hoaks Pemilu Dapat Menurunkan Kepercayaan dan Partisipasi Publik

“Nantinya, evaluasi perubahan data tersebut, dalam satu tahun itu ada dua kali yakni di bulan Mei dan November,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan operator aplikasi Siks NG tingkat Kabupaten Majalengka, Rendy Herdian. Ia berharap ke depan tidak ada lagi kesalahan NIK, dan NIM. Karena semuanya sudah online. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat