Begini Cara Menangani Mimisan Dengan Cepat Dan Efektif

JABARNEWS | BANDUNG – Mimisan adalah gejala umum yang mungkin pernah dialami oleh sebagian orang. Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung, baik dari salah satu atau kedua lubang hidung. 

Mimisan ini bisa terjadi selama hitungan detik hingga hitungan menit. Jika kamu mengalami mimisan di rumah, jangan panik.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara menangani mimisan yakni:

Baca Juga:  AHY Datang, Santriwati Cipasung Meleleh

Pertama. Kompres Dingin – Cara untuk mengatasi hidung mimisan yang pertama yakni kompres dengan air dingin.

Letakkan kompres dingin pada pangkal hidung untuk memperlambat perdarahan. Suhu dingin dapat memperkecil pembuluh darah sehingga mimisan berhenti lebih cepat.

Kedua. Pencet Hidung – Cara mengatasi mimisan selanjutnya yakni memencet hidung. Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memencet hidung selama 10 menit. 

Baca Juga:  Soal Revisi UU ITE, PKB: Perlu Mengatur Etika Menggunakan Medsos

Saat memencet hidung, kamu bisa bernapas lewat mulut. Langkah ini bisa memberikan penekanan pada pembuluh darah sehingga mimisan berhenti lebih cepat.

Ketiga. Duduk Tegak Arahkan Tubuh ke Depan – Banyak orang yang mengalami mimisan malah disuruh tidur oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Hal ini sangat salah kaprah dan bukan cara menangani mimisan yang tepat.

Baca Juga:  Cetak Gol Pertama, Beckham: Semua Berkat Kepercayaan Pelatih

Berbaring atau menengadahkan kepala ke atas dapat mengakibatkan darah yang keluar tidak keluar semestinya, sehingga berpotensi mengendap di saluran nafas dan terjadi pendarahan lanjutan di kemudian hari. (Red)