Gigi Menguning Karena Sering Meminum Teh, Ini Faktanya

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti diketahui, minum teh adalah kebiasaan bagus karena teh memiliki kandungan sehat seperti antioksidan dan kafein yang bisa menjaga kesehatan. Tak sedikit orang minum teh karena kebiasaan, karena suka dengan teh dan lain sebagainya. Namun anda pasti tahu bahwa banyak yang bilang jika minum teh terlalu sering dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

Baru-baru ini seorang ahli gigi White Glo dan Jordan Kirk mengatakan bahwa segala jenis teh dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Ia pun menjelaskan bahwa enamel gigi secara alami berpori dan dapat menyerap tanin dalam teh, yang mengarah pada perubahan warna gigi tak enak dipandang, menjadi kuning atau kusam.

Baca Juga:  Polusi Dan Berkendara Ternyata Dapat Menurunkan Kecerdasan

Teh memang mengandung beberapa senyawa seperti theaflavin, thearubigin dan theabrownin yang sudah diketahui bisa menodai gigi. Theaflavin dan thearubigin adalah konstituen dari tanin, senyawa yang ditemukan dalam teh. Seperti yang dinyatakan Victor R Preedy, penulis ‘Teh dalam Kesehatan dan Pencegahan Penyakit’, jumlah tanin tertinggi ada dalam teh hijau.

Tak hanya teh, Victoria Veystman, dari New York City’s Cosmetic Dental Studios menjelaskan bahwa senyawa tanin yang terdapat dalam kopi pun tampaknya bertanggung jawab pada perubahan warna gigi anda.

Baca Juga:  Bangga! Mahasiswi Cantik ITB ini Ciptakan Aplikasi Alat Bantu Dengar

Tanin merupakan jenis senyawa polifenol yang dapat pecah dalam air. Tanin ini menyebabkan senyawa warna dalam kopi lebih mudah menempel di gigi anda. Senyawa warna ini kemudian terus menetap di gigi anda sehingga mengubah warna gigi anda. Gigi anda berubah warna menjadi lebih kuning dibandingkan dengan gigi orang yang tidak suka minum kopi.

Selain tanin, senyawa lain dalam kopi yang membuat perubahan warna gigi mudah terjadi adalah asam. Asam dalam kopi dapat membuat enamel gigi menjadi lebih lunak dan kasar, sehingga noda lebih mudah menempel dan mengubah warna gigi anda.

Baca Juga:  Ribuan Ton Beras Disalurkan Bulog Untuk Bantuan PPKM Di Jabar

Meski memang berpotensi dapat menimbulkan plak dan mengubah warna gigi, beberapa tanin adalah antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Tapi jika memang ingin menghindari hal ini, lebih baik jika minum teh secukupnya, cukup satu cangkir per hari. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari independent.co.uk

Jabarnews | Berita Jawa Barat