Imun Tubuh Kalian Melemah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Penyebab sistem imun lemah dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat. Hal ini tentunya menyebabkan tubuh mengalami penurunan kemampuan dalam melawan bakteri dan virus yang dapat menimbulkan penyakit.

Fungsi sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sendiri adalah untuk melawan infeksi penyakit. Jadi, saat sistem imun kamu lemah, maka tubuh tidak dapat mempertahankan diri dari berbagai macam masalah kesehatan, penyakit pun akan lebih mudah menyerang.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyebab imun tubuh melemah yakni:

Baca Juga:  Pengrajin Patung Mini di Desa Cibeusi Sumedang yang Karyanya Sudah Mendunia

Pertama. Kekurangan Asupan Nutrisi – Penyebab sistem imun lemah yang pertama adalah kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Berbagai makanan seimbang seperti buah-buahan, sayuran, dan sumber gandum utuh dapat mendukung sistem kekebalan dengan memberikan vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan yang penting bagi tubuh.

Vitamin C, ginseng, hingga bunga Echinacea merupakan asupan nutrisi yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C bisa didapatkan dari buah dan sayuran. Namun jika sistem imun tubuh sedang lemah, kamu bisa menambah suplemen untuk memenuhi asupan vitamin C tubuh.

Baca Juga:  Aiptu Dodon Kusdianto Alami Tujuh Luka Tembak Di Badan

Kedua. Dehidrasi – Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air, karena membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan Anda lembab, juga untuk menghindari penyakit.

Meskipun tubuh terdiri dari 60 persen air, Anda kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat, dan bahkan bernapas. Dehidrasi terjadi ketika Anda tidak cukup mengganti cairan yang hilang.

Baca Juga:  Petugas Dinsos dan Satpol PP Razia Puluhan Pengemis di Kota Sukabumi

Ketiga. Kurang Tidur – Pola hidup yang tidak sehat memang menjadi penyebab sistem imun lemah, salah satunya adalah kurang tidur. Kamu mungkin tidak menyadari saat sedang tidur sel-sel dalam darah yang melawan infeksi bekerja untuk menjaga tubuh.

Jadi, kurang tidur bisa menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja efektif dalam melawan infeksi atau kuman penyakit. Tentunya Hal tersebut sebaiknya kalian hindari demi kesehatan tubuh. (Red)