Ini Manfaat Kalium Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Batu Ginjal

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat kalium selalu dikaitkan dengan perannya sebagai salah satu jenis elektrolit di dalam tubuh. Elektrolit berperan penting dalam mengatur cairan tubuh, menghantar sinyal listrik pada saraf, dan mengatur kontraksi otot.

kecukupan elektrolit (yang salah satunya adalah kalium) sangat penting karena dapat mempengaruhi fungsi organ dan kinerja tubuh. Bahkan kalium Juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kmi berhasil merangkum beberapa manfaat Kalium bagi kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga:  Buka KNK, Wagub Uu Ingatkan Pentingnya Komunikasi Vertikal

Pertama. Menurunkan tekanan darah – Manfaat Kalium bagi kesehatan tubuh yang pertama yakni dapat menurunkan tekanan darah didalam tubuh kita. makadari itu hal tersebut sangat bermanfaat.

Kalium membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, makanan yang mengandung kalium dapat membantu mengurangi kadar garam berlebih dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya melalui urine.

Baca Juga:  Nias Diguncang Gempa 6,2, Warga Sempat Panik

Kedua. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah – Asupan kalium yang cukup dapat mencegah penyakit pada pembuluh darah, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Kalium juga mampu mencegah aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah arteri.

Selain itu, manfaat kalium dalam menjaga kesehatan saraf dan kekuatan otot juga akan memelihara kemampuan jantung dalam memompa darah dengan cukup. Beberapa studi bahkan menyebutkan bahwa kalium juga bermanfaat untuk mengurangi risiko munculnya gangguan irama jantung (aritmia).

Baca Juga:  Kalian Punya Rasa Trauma Yang Berlebih? Atasi Dengan Cara Ini

Ketiga. Mencegah batu ginjal – Kalium mampu mengikat kalsium dalam urine, sehingga mencegah terbentuknya endapan mineral kalsium yang dapat menjadi batu ginjal.

Menurut sebuah studi, orang yang asupan kalium hariannya tercukupi memiliki risiko terkena batu ginjal lebih rendah dibandingkan orang yang kekurangan kalium. (Red)