Ini Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat kayu secang bagi kesehatan dan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Bahkan manfaat kayu secang telah diteliti oleh banyak ilmuwan, sehingga diyakini mampu menjadi obat dari berbagai penyakit ringan hingga berat.

Umumnya konsumsi kayu secang dalam kemasan serut lebih disukai, sebab praktis hanya tinggal direbus bersama air. Hasil air rebusan kayu secang berwarna merah muda, dengan rasanya yang manis, asin, dan netral.

Baca Juga:  5 Masalah Kesehatan Ini Bisa Dideteksi Melalui USG

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh yakni:

Pertama. Mencegah Diabetes – Manfaat kayu secang juga terbukti mampu mencegah penyakit diabetes. Hasil penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan, ekstrak kayu secang yang diberikan kepada tikus mampu meningkatkan metabolisme glukosa sehingga mengurangi penumpukan gula darah.

Meski demikian, mengkonsumsi seduhan atau wedang kayu secang harus secara rutin dikonsultasikan kepada dokter ahli terlebih dahulu. Terlebih Anda memiliki riwayat penyakit diabetes hingga komplikasi.

Baca Juga:  Korban Pencurian Di Ciamis Diduga Dibuntuti Sejak Keluar Dari Bank

Kedua. Mencegah Penuaan Dini – Khasiat kayu secang yang berikutnya adalah dapat mencegah gejala penuaan dini. Beberapa gejala tersebut di antaranya yaitu munculnya kerutan hingga wajah kusam.

Kayu secang yang memiliki kandungan antioksidan jenis polifenol terbukti mampu melindungi kulit dari penyebab penuaan dini. Maka dari itu, konsumsi kayu secang untuk menjauhkan kulit dari gejala penuaan dini di usia muda.

Baca Juga:  Petani Indramayu Tolak Impor Beras

Ketiga. Radikal Bebas – Radikal bebas merupakan penyebab utama dari munculnya berbagai risiko penyakit mematikan seperti kanker. Radikal bebas dapat terkandung di dalam polusi udara dan lain sebagainya.

Untuk itu, gunakan kandungan kayu secang yang bersifat antioksidan sebagai penawarnya. Kandungan antioksidan dalam kayu secang diklaim lebih tinggi dari buah-buahan seperti blueberry. (Red)