Jadi Narasumber, Sandi Uno ’Dihabisi’ Emak-emak Depok

JABARNEWS | DEPOK – Pesona Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Depok. Itu saat menjadi narasumber dalam acara ’Bincang Bisnis Bareng Bang Sandi Uno’, yang digagas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Depok, di Food court Telaga Kuliner, Sawangan, belum lama ini.

Bahkan, emak-emak yang hadir di acara tersebut menyerbu pasangan Prabowo Subianto ini untuk sekedar berswafoto.

Meski dijadwalkan tiba ke lokasi pada 20.00 WIB. Namun, Sandi -Sapaannya- yang kala itu tampil sporty mengenakan kaos putih bertuliskan Indonesia dipadu celana berwarna coklat dan sepatu kets ini baru tiba sekitar pukul 21.30 WIB.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini pun sempat diserbu emak-emak yang sedari sore menunggu, sebelum memberi sambutan dan memberi tips bisnis dengan tema ’Pemberdayaan UMKM Melalui Program OKE OC’.

’’Maaf ibu-ibu, bapak-bapak saya terlambat. Namun saya senang sekali Anda semua masih mau menunggu saya,” ucap Sandi yang langsung dibalas tepuk tangan warga yang menonton.

Baca Juga:  Ini Manfaatnya Jika Kucing Kalian Memiliki Jadwal Makan

Menurut Sandi, kunjungannya ke Depok dan menjadi pembicara merupakan bagian program OK OCE atau One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship secara nasional, di mana sebelumnya sudah diterapkannya di DKI Jakarta saat ia menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.

’’Untuk di Depok, dalam waktu dekat kita akan bikin hal ini di Kecamatan Sawangan. Supaya nanti buka usaha mudah, ada pelatihan dan juga supaya ada pendampingan,” kata Sandi.

Dengan begitu kata dia akan mendorong munculnya pelaku usaha baru serta kemampuan peningkatan para pelaku usaha lainnya. Sehingga ke depannya ekonomi Indonesia akan lebih baik maju. ’’Sukses untuk HIPMI Depok, sukses untuk kita semua,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, ia pun menegaskan, kunjungannya ke Depok ini bukan untuk berkampanye. Karena itu, ia mengajak seluruh yang hadir fokus dalam membangkitkan ekonomi. Sehingga, ia meminta agar diselesaikan dulu masalah ekonomi, seperti nilai tukar rupiah terhadap dollar yang melemah.

Baca Juga:  Purwakarta Kirim Delapan Tim Esport di Ajang Piala Gubernur Jabar

’Ini bukan kampanye, ‘Belanda’ masih jauh, masih bulan April, kita selesaikan dulu masalah ekonomi, jangan saling bertengkar, sikut menyikut, menjatuhkan. Perbedaan boleh tapi yang penting kita semua cinta kepada bangsa dan negara kita. Kita hentikan dulu, kita fokuskan dulu ke ekonomi,” tegasnya.

Menurutnya, ekonomi Indonesia terbangun karena UKM, di mana 97 persen dari lapangan kerja itu diserap oleh UKM dan bukan dari usaha besar. Sehingga, harus memberikan ruang dan tempat untuk tumbuh dan berkembang.

’’Saat ini melakukan perizinan usaha sulit, ke depan pemerintah harus bekerjasama agar dipermudah perizinannya, juga permodalan. Sehingga, bisa timbul telaga-telaga kuliner yang lain, bisnis-bisnis yang sukses. Pemerintah seharusnya bertanggung jawab untuk pengembangan UKM, bukan membebankan pajak, perizinan yang sulit,” terangnya.

Di hadapan ribuan warga yang mayoritas emak-emak ini, Sandi sempat menyinggung kondisi perekonomian Indonesia yang tengah mengalami ’turbulensi’. Namun, keadaan rupiah yang saat ini sedang melemah harus diselesaikan.

Baca Juga:  Ingin Menjaga Berat Badan Dalam Kondisi Pandemi? Coba , Lakukan Cara Ini

Walaupun keadaan ekonomi mengalami turbulensi, di hadapan emak-emak, Sandiaga tetap menaruh optimis ekonomi Indonesia akan membaik.

’’Saya dipanggil Pak Prabowo dan beliau menyampaikan kepada saya untuk memberitahu kawan-kawan UKM, ekonomi sedang melemah. Tapi dunia usaha tidak boleh harus saling menyalahkan, apalagi menyalahkan pemerintah, mari kita bantu ekonomi sekarang,” ujar Sandi.

Ketua HIPMI Kota Depok Imaduddin Indrissobir mengatakan, diundangnya Sandi dalam acara tersebut karena Sandi merupakan salah satu pengusaha nasional sukses yang banyak menginspirasi banyak orang. Acara tersebut digagas HIPMI Depok dan Telaga Kuliner.

’’Sebelumnya giat seperti ini kami lakukan dengan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna yang juga pengusaha. Dan sekarang dengan bang Sandi. Insya Allah kedepan akan kita undang pengusaha-pengusaha lainnya,” kata Imaduddin. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat