Jokowi Ingatkan ASN soal Kolaborasi dan Pemanfaatan Teknologi

JABARNEWS | JAKARTA – Presiden Joko Widodo meminta Aparatur Sipil Negara untuk tidak terjebak ego. Setiap ASN, kata Jokowi, harus berkolaborasi melayani masyarakat.

“ASN di semua sektor saya minta untuk tidak terjebak dengan ego sektoral, ego organisasi, ego programnya masing-masing. Semua masalah di masyarakat sifatnya lintas sektoral dan lintas daerah,” kata Jokowi saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 Korps Pegawai Negeri RI (Korpri) di Istora Senayan, Kamis, 29 November 2018.

Baca Juga:  Kebakaran Landa Rumah Makan di Sukabumi, Bangunan Hangus Rata dengan Tanah

Jokowi juga berharap para ASN mengembangkan diri mereka menyesuaikan perubahan dunia. Terutama, perubahan terkait dengan teknologi setelah dunia memasuki revolusi industri 4.0.

Menurut Jokowi, revolusi industri semakin mempermudah kerja ASN untuk melayani masyarakat. Namun di sisi lain teknologi mendorong tuntutan kecepatan pelayanan ASN. “Mau tidak mau ASN harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh meningkatkan kualitas kerja dan akuntabilitas,” ujarnya.

Baca Juga:  Camat Jatiluhur Ajak Masyarakat Meriahkan HUT RI Ke-73

Jokowi tak hanya mengingatkan soal kolaborasi dan pemanfaatan teknologi. Dia berpesan agar proses kerja ASN disederhanakan untuk meningkatkan pelayanan.

Di akhir pidatonya, Jokowi juga meminta ASN memperkuat diri menjadi agen perubahan untuk menguatkan sumber daya manusia (SDM). ASN yang menyebar di seluruh pelosok nusantara diyakini mampu membantu transformasi SDM besar-besaran.

Baca Juga:  Wow, 14 Oktober 2018 Ada Bandung Great Sale

Sebab, pemerintahan Jokowi di tahun terakhirnya akan menggeser unggulan program dari infrastruktur ke program SDM. “Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, di semua sektor, di usia dini dan remaja harus ditingkatkan secara signifikan,” kata Jokowi. Harapannya, SDM Indonesia mampu merespons perubahan dunia yang bergerak cepat. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa barat