Lantik 1.188 Wisudawan, Rektor Harapkan Lulusan Unisba Miliki Life Skill di Masyarakat

JABARNEWS | BANDUNG – Universitas Islam Bandung (Unisba) kembali melantik 1.188 wisudawan sarjana, magister, dan doktor secara virtual melalui Zoom Meeting, Sabtu (3/4/2021).

Pelantikan ini dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama terdiri dari lulusan Fakultas Syariah, Dakwah, Tarbiyah dan Keguruan, Psikologi, MIPA, Kedokteran dan Program Pascasarjana.

Sedangkan gelombang kedua dari lulusan Fakultas Hukum, Teknik, Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Rektor Unisba Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., mengatakan, sebagai lulusan yang dididik dengan nilai-nilai ke-Islaman maka harus mencontoh daya juang para pejuang kehidupan yang sudah banyak tersebar di lingkungan, baik dalam kerja keras, disiplin dan daya juang.

“Mereka adalah perintis yang membuka jalan bagi anda semua. Oleh karena itu sekali lagi saya tegaskan tetaplah optimis menghadapi tantangan zaman ini, kemajuan zaman haruslah dijadikan peluang untuk mencapai apa yang dicita-citakan,” kata Edi dalam sambutannya.

Baca Juga:  Selama PPKM Level 4, Ada 17 Titik Penyekatan Ganjil Genap di Kota Bogor, Ini Lokasinya

Dia mengungkapkan, lulusan Unisba harus mampu berpikir dan bertindak cepat dengan cara-cara extra ordinary, kemampuan beradaptasi cepat agar survive menghadapi kesulitan, tidak tertinggal dan menang dalam persaingan.

Untuk itu, lanjut Edi, Spirit 3M (mujahid, mujtahid dan mujaddid), kreatifitas inovasi dan daya saing perlu dimiliki sebagai lompatan kemajuan yang harus dihadapi. Serta harus memperhitungkan trend global yaitu kemajuan teknologi, pergeseran sosio kultural, perubahan lingkungan hidup dan perbedaan dunia kerja.

“Apabila kita lemah maka kita semua akan ketinggalan dan tergilas roda kehidupan jaman,” ungkapnya.

Edi mengajak untuk menjadikan Al Quran sebagai sandaran dalam menambah ilmu karena membuka banyak jalan bagi ilmu pengetahuan ketika mengalami kebuntuan.

Baca Juga:  Asian Style Photo Hunting Sukses Satukan Para Photographer Kota Bandung

“Al Quran memberi perhatian begitu besar terhadap ilmu pengetahuan dan memotivasi manusia untuk menuntut ilmu,” ucapnya.

Tak hanya itu, Edi meminta para lulusan untuk selalu memperhatikan attitude serta memperdalam communication skill, bahkan harus menguasai life skill di masyarakat. Menurutnya, keahlian tambahan ini serta sikap optimis sebagai seorang mujahid akan memastikan hidup lebih cerah dimasa yang akan datang.

Edi berpesan agar menjauhi sifat sombong dalam meraih gelar sarjana dalam berbagai strata karena sombong tidak ada dalam kamus pembelajar sejati.

“Tetaplah anda menjadi seorang yang tawadhu, dan rendah hati supaya kita dapat menerima masukan dari sumber pembelajaran lain yaitu kehidupan yang banyak terdapat dalam lingkungan masyarakat kita,” paparnya.

Baca Juga:  Ngobrol-ngobrol Dunia Kerja Di "Majesti" Ika Unpad

“Belajar secara terus menerus merupakan tradisi robbani yang terus harus dihidupkan oleh seorang muslim,” tutupnya.

Sebagai informasi, pada wisuda kali ini, jumlah lulusan yang dilantik sebanyak 1.188 wisudawan terdiri dari Sarjana 907 wisudawan, Magister 146 wisudawan, Doktor 20 wisudawan, Program Studi Profesi Dokter 106 wisudawan dan Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) 9 wisudawan.

Adapun lulusan terbaik dengan IPK tertinggi diraih oleh Anisa Anugrah Ningtyas dari Prodi Manajemen FEB dengan IPK 3,91. Sedangkan lulusan tercepat diraih oleh Krisna Bayu Febrian dari Prodi Manajemen FEB dalam waktu 3 tahun 4 bulan 8 hari.

Selain itu, lulusan termuda diraih oleh Nabila Andara Putri dari Prodi Akuntansi FEB F. Psikologi dalam usia 20 tahun 03 bulan 21 hari. (RNU)