Masuki Musim Kemarau, Warga Kabupaten Sukabumi Diminta Waspadai Hal Ini

JABARNEWS | SUKABUMI – BPBD Kabupaten Sukabumi meminta masyarakat tetap waspada. Pasalnya, cuaca ekstrem berupa hujan deras masih mengguyur Sukabumi dalam beberapa waktu terakhir.

“Mungkin ini pergeseran juga ya, karena harusnya ini sudah memasuki musim kemarau, tapi ternyata hujan masih terus yang artinya semua masyarakat tetap harus waspada,” kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani, Jumat (2/7/2021).

Baca Juga:  Waduh! Kelurahan dan Kecamatan di Kota Bandung Belum Ada Yang Ajukan PPKM

Ia mengaku, terutama masyarakat yang tinggal di dekat tebing dan berpotensi terjadi longsor. Termasuk bencana banjir yang juga kerap terjadi di beberapa titik di Kabupaten Sukabumi.

“Jadi kepada masyarakat tetap waspada,” sambung dia.

Dirinya juga meminta masyarakat secara gotong royong membersihkan saluran air, terutama yang dipenuhi sampah. Ia juga mengaku telah mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Baca Juga:  Begini Cara Meredakan Sakit Tenggorokan, Diantaranya Banyak Minum Air Putih

“Dari tingkat paling bawah RT/RW itu tolong libatkan masyarakat untuk melihat kondisi lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Hal tersebut sebagai upaya mengantisipasi dampak cuaca ektrem agar tidak meninmbulkan banjir atau longsor.

Baca Juga:  Garuda Muda Bantai Filipina Tanpa Lawan 8-0

“Kita sudah wanti-wanti ya, misalnya tempat itu sudah dikhawatirkan terjadi longsor, tapi masyarakat tidak segera cari tempat yang aman,” jelasnya.

Dalam sepekan ini masuk ada tiga kejadian. Alhamdulillah BPBD Kabupaten Sukabumi berusaha untuk selalu melakukan penanganan dengan gerak cepat,” tukasnya. (Red)