Mengunjungi Wisata Arum Jeram Pangcalikan Sumedang Untuk Menjajal Adrenalin

JABARNEWS | BANDUNG – Berbicara tentang Kabupaten Sumedang memang tidak ada habisnya, apalagi jika kalian membicarakan soal wisatanya. Berbagai jenis wisata bisa kalian temukan di Sumedang.

Dari mulai wisata gunung, agrowisata hingga wisata alam seperti arum jeram Pangcalikan bisa kalian temukan di Kabupaten sumedang ini. Disana, kalian disuguhkan dengan derasnya sungai Cipeles dan ekosistem alam yang masih alami.

Ditambah lagi, disana kalian akan ditantang dengan berbagai trek yang bisa memacu adrenalin. Hal tersebut, dijamin bisa membuat kalian merasa ketagihan untuk kembali mengarungi sungai tersebut dengan cara arum jeram.

Baca Juga:  Adu Banteng Truk Vs Pikap di Purwakarta, Dua Orang Tewas

Selain itu, tempat wisata arum jeram Pangcalikan ini memiliki keunikan seperti kondisi sungai yang diapit tebing batu di kedua sisinya. Tentunya hal tersebut membuat kalian para wisatawan akan merasa seperti menjelajah di jaman prasejarah.

Dahulu, tempat wisata ini dinamakan Pangcalikan karena lokasi ini merupakan tempat duduk untuk beristirahat para raja Sumedang beserta keluarganya. Disini terdapat batu landai yang biasa digunakan oleh raja Sumedang, salah satunya yaitu Pangeran Aria Kusumadinata yang duduk di sana untuk memancing berjam-jam.

Baca Juga:  Tiga Jenis Pakaian Rajut Wanita Yang Trend Di Tahun 2021

Dan biasa juga digunakan oleh raja Sumedang untuk merenung. Dari kata duduk dalam Bahasa Sunda yaitu Calik, lahirlah nama Pangcalikan yang memiliki arti tempat untuk duduk.

Untuk merasakan sensasi dari arum jeram Pangcalikan Sumedang kalian akan dikenakan tarif sebesar Rp 225.000 per orang. Jumlah minimal orang yang harus mengikutinya adalah sebanyak enam orang.

Selain bisa menikmati wisata arum jeram, disana kalian juga akan diberi makan siang berupa nasi liwet khas Sunda serta kelapa muda sebagai minuman penutupnya. Dijamin bisa membuat kalian merasa puas.

Baca Juga:  Ini Agenda Musrenbang Purwakarta 2019

Bagi yang tertarik berkunjung ke tempat wisata arum Jeram Pangcalikan ini, kalian bisa menggunakan jalan besar yang menghubungkan antara Desa Citepok dengan Desa Sukatali.

Sehingga jalan tersebut bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua. Jika menggunakan jalur Desa Sukatali, dari jalan raya Sumedang – Situraja di kawasan Desa Sukatali belok ke kiri di perempatan yang menuju ke SMKN Situraja. (Mal)