Musrembang Hasilkan 8 Prioritas Pembangunan

JABARNEWS | MAJALENGKA – Berdasarkan hasil Musrenbang tingkat Kabupaten Majalengka, yang digelar di gedung Islamic Center pada Selasa (20/3), ada 8 Prioritas utama pembangunan untuk tahun 2019 mendatang.

Ke-delapan prioritas tersebut yakni penguatan kebutuhan dasar masyarakat dengan tujuan untuk mensejahterakan, penguatan sistem kesehatan daerah, penguatan sistem pendidikan, penguatan ekonomi, penataan ruang, penguatan ketahanan pangan, penguatan daya dukung lingkungan hidup, dan penguatan kesejahteraan apartur pemerintah.

Sekretaris daerah Kabupaten Majalengka, H. Ahmad Sodikin mengatakan ke-delapan prioritas tersebut tentunya telah berdasarkan usulan aspirasi dari sejumlah tingkatan mulai dari tingkat desa dan kelurahan, kecamatan, OPD dan DPRD. Penguatan sistem kesehatan diantaranya dimaksudkan untuk lebih meningkatkan semua hal yang berhubungan dengan kesehatan.

Baca Juga:  PDIP Pecat Nyoman Dhamantra karena Terlibat Korupsi

“Sementara penguatan ekonomi dimaksudkan untuk memberikan peluang apa saja, usaha dan bisnis untuk menghadapi era baru bandara di Majalengka,” ungkapnya.

Ahmad menambahkan termasuk dalam hal penguatan pendidikan di Majalengka. Soal pendidikan ini harus lebih mandiri dan berkarakter serta lebih bermutu di masa mendatang. Persaingan dengan warga asing dan teknologi yang semakin canggih tidak bisa diabaikan begitu saja.

Baca Juga:  Hari Ini, Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia di Kota Bandung Dimulai

“Soal prioritas pendidikan ini, juga sangat diperlukan. Majalengka akan lebih banyak orang-orang pandai dari luar daerah, mengingat tahun ini bandara udara segera beroperasi. SDM nya harus dimulai dari pendidikan bermutu,” ungkapnya.

Ditambahkan, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Majalengka, Drs. Edy Noor Sujatmiko, mengatakan, ‎musrenbang tersebut akan menjadi langkah untuk pembangunan dan pengembangan di Majalengka berdasarkan aspirasi dari berbagai tingkatan, mulai dari tingkat desa dan kelurahan, kecamatan, OPD dan DPRD.

Baca Juga:  Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas, Bikin Hujan Abu di Cepogo

Giat Musrenbang tingkat kabupaten ini dihadiri oleh Badan Kordinasi Pembangunan Pemerintahan (BKPP) wilayah III Cirebon dan perwakilan dari Gubernur Jawa Barat. ( Erik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat