Nias Selatan Diguncang Gempa Bumi Kekuatan Magnitudo 3.0

  • JABARNEWS I NIAS SELATAN – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi guncang Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara dengan magnitudo 3.0, Sabtu (17/4/2021) pukul 12.18 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,81 LU dan 97.89 BT berlokasi di laut pada jarak 34 km arah Barat Daya Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 12 km.

Baca Juga:  Tb- Anton Besok Dipanggil Bawaslu Jabar

Menurut BMKG Regional 1 Medan menjelaskan, gempa bumi dengan magnitudo 3.0 berpusat di laut tidak berpotensi tsunami. Selain itu tidak ada dampak guncangan yang dirasakan masyarakat sekitar.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas

Baca Juga:  Gempa Bumi Kekuatan Magnitudo 2.9 Guncang Aceh

Kepala BPBD Nias Barat, Filifo Daeli mengatakan, gempa bumi kekuatan magnitudo 3.0 di Kabupaten Nias Barat tidak dirasakan masyarakat dan  tidak berpotensi tsunami.

“Tidaknada guncangan yang dirasakan masyarakat dan idak berpotensi tsunami,” katanya.

Baca Juga:  Kedapatan Bawa Sabu, Warga Subang Diciduk Polisi

Dijelaskan, BPBD Nias Barat sudah memasang alat sistem peringatan dini tsunami atau Early Warning System (EWS) bantuan dari BMKG di kantor Bupati. Apabila ada potensi disebabkan terjadinya gempa bumi, maka masyarakat akan diberitahu.

“Sudah kita pasang EWS untuk mendeteksi apakah gempa berpotensi tsunami,” ucapnya. (Ptr)