Ragam Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan, Diantaranya Anti Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Kapulaga adalah sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae atau keluarga jahe-jahean.

Selain itu, Kapulaga sering digunakan sebagai bumbu untuk beberapa masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional untuk kesehatan tubuh kita.

Oleh karena itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa manfaat Kapulaga untuk kesehatan yakni:

Baca Juga:  Bantu WNA Singapura, Supir Taksi ini Dapat Apresiasi Dari Walikota Bandung

Pertama. Mengurangi risiko kanker – Kapulaga mengandung fitokimia alami yang dapat membantu melawan penyakit kanker. Sifat antikanker yang dimiliki rempah-rempah ini dipercaya mampu mengurangi resiko seseorang terkena kanker.

Sebuah studi pada hewan menemukan bahwa suplemen kapulaga yang dikonsumsi selama 15 hari dapat mengurangi ukuran tumor di kulit, tentunya hal tersebut bisa kalian coba.

Kedua. Menurunkan tekanan darah – Manfaat kapulaga bagi kesehatan tubuh yang kedua yakni bisa menurunkan tekanan darah. Kapulaga sudah lama dikenal sebagai salah satu obat herbal bagi penderita hipertensi.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Gali Potensi Perluasan Pasar Ekspor ke Tiongkok

Penelitian menemukan bahwa kapulaga kaya akan senyawa antioksidan yang memiliki khasiat menurunkan tekanan darah. Selain itu, peneliti juga menduga rempah ini memiliki efek diuretik seperti obat penurun tekanan darah.

Ketiga. Mencegah penyakit kronis – Manfaat lain dari kapulaga yang ketiga yakni bisa mencegah penyakit kronis. Hal tersebut terjadi karena Kapulaga memiliki kandungan antioksidan.

Baca Juga:  Polda Jabar Perketat Keamanan Jelang Pelaksanaan Asian Games

Antioksidan dalam kapulaga bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Tak hanya itu, kapulaga juga memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat melawan peradangan. Kedua kandungan ini bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis jika dikonsumsi secara teratur. (Red)