Yang Mau Gitar Costum, Bisa Pesan Di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bermula dari kecintaannya terhadap musik Yadi Mulyadi (46), warga Gang Beringin, Jalan Kemuning, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta pelan-pelan menemukan hasratnya untuk membuat alat musiknya sendiri. Khususnya alat musik petik, yakni gitar.

Pria yang akrab disapa Yadi itu menceritakan sangat suka dengan yang namanya seni musik, namun jika harus menjadi seorang musisi biaya yang dikeluarkan cukup banyak.

Semakin bulatlah tekatnya untuk dapat membuat alat musik sendiri. “Kalau jadi musisi itu kan butuh biaya yang tinggi dan nggak sanggup saat itu, maka saya beralih jadi pembuat gitar saja,” cerita Yadi saat ditemui di kediamannya, Senin (7/5/2018).

Baca Juga:  Empat Penyebab Demam Saat Kondisi Cuaca Sedang Panas

Usahanya sebagai pengrajin alat musik mulai dirintis tahun 1996. Setahun pertama ia mempelajari segala macam teori dari buku dan pengalaman teman-temannya yang sering menggunakan gitar. Ditahun 2000 ia baru memasarkan Gitar buatannya ke pasaran.

“Tapi dahulu pas awal-awal masih ragu untuk memasarkannya, karena masih banyak kendala mulai segi wawasan maupun bahan baku. Cuma sekarang sudah cukup lancar,” katanya.

Baca Juga:  Hari Pertama Larangan Mudik, GT Palimanan Cipali Terpantau Lenglang

Tidak main-main, untuk membuatnya, Yadi memilih bahan kayu terbaik. Kayu yang digunakan yakni kayu mahoni, seno keling dan mindi.

Dirinya terjun ke dalam dunia pembuatan gitar secara otodidak. Sebelum percaya diri alias pede membuat dan menjual gitar, ia mengaku sempat beberapa kali gagal.

Dari segi pembuatan, Yadi mengatakan memerlukan waktu sebulan untuk membuat sebuah gitar. “Kalau ada yang pesan, saya janjiinya sebulan pengerjaan. Saya gak mau pembuatannya terkesan buru-buru. Saya jual kualitas soalnya,” jelasnya.

Saat proses pengerjaan, Yadi melakukannya dengan cara manual dan modern lewat bantuan mesin. Di bengkel gitarnya, memang hanya Yadi seorang yang bekerja membuat gitar.

Baca Juga:  Terima Surat Deklarasi, Yossi-Aries Segera Mendaftar Ke KPU Bandung

Ia mengaku sangat sulit untuk mencari seseorang yang memiliki seni. Ia sempat mempekerjakan orang lain untuk membantunya, namun selalu saja gagal. Menurutnya, dedikasi yang tinggi, keuletan dan kepuasan batin menjadi modal utama dalam membuat gitar.

Untuk harga, Yadi menjual gitar elektrik dengan kisaran harga Rp 1,1- 3 Juta. Sementara gitar akustik di kisaran harga Rp.500-800 Ribu. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat