11-13 April Ada Rekam Massal E-KTP

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jawa Barat (Jabar) segera menggelar perekaman e-KTP pada 11-13 April di beberapa wilayah Jabar. Sebanyak 309.080 pemilih di Jawa Barat belum melakukan perekaman e-KTP.

Kepala Disdukcapil Jawa Barat Abas Basari mengatakan lokasi perekaman massal akan digelar di Kabupaten Sumedang dan Bandung.”Perekaman juga bisa diikuti warga dari daerah lain (di luar Kabupaten Bandung dan Sumedang),” kata Abas dalam siaran pers, Kamis (5/4/2018).

Baca Juga:  Selajambe Kuningan Berpotensi Longsor Susulan

Komisioner KPU Jabar Ferdhiman Bariguna menambahkan, kepemilikan e-KTP atau Suket harus tuntas tahun ini. Sehingga, lanjut Ferdhiman tidak ada hak pilih yang terbuang percuma saat pesta demokrasi dilangsungkan.

Baca Juga:  Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Dikawal Polisi

“Khusus warga binaan di Lapas, harus difasilitasi instansi terkait, karena biasanya mereka tidak memegang KTP. Begitu pula di kawasan pabrik atau industri. Para pemilih harus dimudahkan (untuk mendapat e-KTP),” pungkasnya.

Pihaknya optimistis persoalan tersebut bisa dituntaskan. Apalagi Jawa Barat dikenal sebagai provinsi paling aktif dalam berinteraksi dengan para pemilih.

Baca Juga:  Yuk Simak! Cara Budidaya Maggot Dengan Media Ampas Tahu Di Rumah

Sejalan dengan Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis, Endun Abdul Haq menegaskan, hak-hak pemilih harus dilindungi melalui sinergi para pihak terkait. ” Setiap pemilih yang ada di rumah sakit, lapas, pabrik, dan rumah jompo, semestinya difasilitasi sehingga setiap orang bisa gunakan hak pilih dengan sabaik-baiknya,” katanya. (Dan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat