Balawista dan Basarnas Siaga Pantau Objek Wisata

JABARNEWS | PANGANDARAN – Hingga H+4 liburan Hari Raya Idul Fitri tahun ini, Badan Penyelamatan Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Pangandaran menyampaikan sampai hari ini belum terjadi kecelakaan laut yang menelan jiwa korban selama pengunjung wisata melakukan aktivitas berenang di pantai.

“Alhamdulillah sejak mulai liburan lebaran hingga H+4 belum terjadi laka laut yang menelan korban jiwa atau zero incident,” ungkap Sekretaris Balawista Kab Pangandaran, Asep Kusdinar yang didampingi Ketuanya, Dodo Taryana, dikkutip laman Kabar Priangan, Selasa (19/6/2018).

Meski pada hari ini sempat ada 6 wisatawan yang terseret dan tenggelam di pos 4 yang merupakan zona larangan berenang, namun kata Asep, bisa diselamatkan di tempat.

Baca Juga:  Angka Kesembuhan Covid-19 di Karawang Cukup Tinggi, Capai 92 Persen

Dalam melakukan penjagaan dan pemantau, kata dia, Balawista dibantu oleh 5 anggota Basarnas yang ditempatkan di tiap-tiap pos lifeguard di Pantai Barat Pangandaran.

“Kami melakukan pemantauan di setiap arus di mana lokasi itu merupakan daerah rawan lakalaut,” ujarnya.

Asep menjelaskan, di Pantai Barat Pangandaran terdapat dua zona, yakni zona berenang mulai dari Pos 1 dekat Cagar Alam sampai Pos 2, dan zona larangan berenang mulai dari Pos 3 sampai Pos 5 hingga ke barat Pamugaran.

“Kami sudah memasang bendera larangan berenang berwarna merah sebanyak 24 tiang mulai dari Pos 3 hingga ke Pamugaran. Sedangkan kalau untuk spanduk himbauan kami pasang mulai dari pantai Krapyak Kalipucang hingga ke pantai Madasari Cimerak,” ujarnya.

Baca Juga:  Putus Cinta, Gadis Asal Cibadak Sukabumi Pilih Disuntik Mati

Hanya saja, pihaknya masih menemukan sebanyak sekitar 250 kasus anak hilang atau terpisah dengan rombongan selama liburan ini, namun kata Asep semuanya dapat tertangani.

“Alhamdulillah kasus anak hilang atau terpisah dengan rombongan dapat ditangani 100 persen. Cuma kalau barang-barang milik pengunjung yang hilang seperti dompet dan kunci masih ada yang belum di ambil pemiliknya di kantor Balawista yang ditemukan oleh petugas,” kata Asep, seraya pihaknya terus mengumumkan melalui voice yang terpasang di tiap-tiap Pos pantau.

Baca Juga:  Unjuk Rasa Warga Medan Tolak Pembangunan Rumah Panti Sosial di Lapangan Bola

Di tempat terpisah, Komandan Pos TNI Angkatan Laut Pangandaran Peltu Dayat Sudrajat mengumumkan informasi dari BMKG untuk cuaca saat ini secara umum cerah berawan hingga berawan.

“Antara siang dan sore hari secara umum cerah berawan hingga berawan dan berpeluang hujan ringan di sebagian wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Purwakarta, Subang, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran,” pungkasnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat