Begini Cara Memilih Ban Dalam Kondisi Jalan Kering Dan Basah

JABARNEWS | BANDUNG – Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah Dan Kering, dianggap penting untuk menghasilkan performa sepeda motor yang bagus saat dijalan tidak hanya tergantung pada kondisi mesin.

Kesalahan dalam memilih tipe ban yang tidak sesuai dengan kondisi jalanan, tentunya akan berakibat sangat fatal. Dan tidak hanya akan menurunkan performa sepeda motor anda akan tetapi juga dapat membahayakan keselamatan pengendaranya.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara memilih ban dalam kondisi basah dan kering yakni:

Baca Juga:  Pengungkapan Terbesar di Bekasi, Jaringan Pengedar Ganja Diringkus

Pertama. Ban Tipe Basah – Yang sesuai dengan namanya ban tipe basah ini khusus digunakan untuk jalan yang sering basah. Umumnya ban tipe ini memiliki banyak alur yang menjangkau hingga tepi ban.

Alur ini sendiri memiliki fungsi untuk membuang air saat ban berputar melewati jalan yang basah dan berair. Akan tetapi traksi ban ini akan menurun di jalanan yang kering.

Baca Juga:  Tiga Minuman Kekinian Yang Segar, Cocok Untuk Menu Berbuka Puasa

Kedua. Ban Tipe Kering – untuk ban tipe kering memiliki sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki alur. Ban ini memiliki traksi terbaik di saat digunakan pada kondisi jalanan yang kering. Akan tetapi traksi akan berkurang saat jalanan menjadi basah dan juga resiko terpeleset pun akan meningkat.

Ketiga. Ban Tipe Basah Dan Kering – Dan sementara itu untuk tipe yang ketiga yang digunakan untuk kedua baik basah maupun kering. Jenis inilah yang paling di umum digunakan di Indonesia karena iklimnya yang tropis.

Baca Juga:  Berangkat Dari Kertajati, Tiga Kloter Calhaj Langgar Aturan

Ban ini sendiri memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksi yang bagus. Karena kondisi iklim Indonesia yang tropis, terkadang hujan dan juga terkadang panas, tentunya hal ini akan sangat merepotkan jika memilih satu tipe ban saja. (Red)