BMKG Jatiwangi Prediksi Musim Hujan Di Bulan Oktober

JABARNEWS | MAJALENGKA – Meski tiga hari lalu di sebagian wilayah Ciayumajakuning sempat turun hujan, namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi, memastikan bahwa di bulan September ini belum memasuki musim hujan. Musim hujan diprediksi akan jatuh pada bulan Oktober 2018 mendatang.

Prakirawan Cuaca pada BMKG, Ahmad Faa Iziyn mengatakan bulan Agustus dan September ini masih tercatat sebagai musim kemarau. Adapun, hujan yang turun beberapa hari lalu, tidak hanya terjadi di wilayah Majalengka, namun hampir merata di Jawa Barat.

Baca Juga:  Penerapan Ganjil Genap Kembali Diberlakukan di Puncak Bogor, Cek Lokasinya!

“Sebagian besar pulau Jawa diguyur hujan beberapa waktu lalu itu. Itu karena ada gangguan cuaca yang disebut sirkulasi angin tertutup di perairan laut sebelah barat Sumatera,” ungkapnya, Rabu (5/9).

Baca Juga:  Kiai Ma'ruf Doakan Korban Tsunami Selat Sunda

Ahmad menambahkan terlebih hujan yang turun tiga hari lalu itu kandungan airnya relatif rendah yakni di bawah 50 milimeter per-bulan. Pihaknya memprediksi bahwa musim hujan akan turun pada bulan Oktober mendatang.

“September atau bulan ini masih kemarau. Prediksi di bulan Oktober kita akan memasuki musim hujan,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah petani sudah sangat berharap supaya hujan segera turun. Alasannya, sebagian petani tetap memilih menanam padi dan jagung. Sehinga tanaman yang sudah setengah jalan itu tetap harus mendapatkan pasokan air untuk proses penyiraman.

Baca Juga:  Lingkar Utara Bandara Kertajati Mulai Dibangun

“Sehingga jika ada hujan, maka tanaman itu sudah pasti akan mendapatkan pasokan air yang dibutuhkan,” jelas, Amin, petani di wilayah Weragati Kecamatan Palasah. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat