Cengkeh Bisa Untuk Pereda Sakit Gigi, Ini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Cengkeh Merupakan salah satu rempah asli Indonesia yang mengandung banyak manfaat diantaranya dapat meredakan nyeri sakit gigi. Hal ini karena cengkeh mengandung bahan aktif eugenol yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami.

Namun, tak banyak orang mengetahui akan kandungan manfaat dari rempah cengkeh ini. Padahal, cengkeh memiliki segudang manfaat yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh dan gigi.

Baca Juga:  Mulai Hari Ini, Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik Hingga 24 Mei 2021

Berikut Cara Cengkeh Mengatasi Sakit Gigi

Pada umumnya, kerusakan gigi dapat disebabkan oleh adanya sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi. Sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi tersebut lambat laun akan menumpuk dan menimbulkan plak di gigi.

Akibatnya, kerusakan gigi bisa terjadi. Biasanya, gejala awal kerusakan gigi ditandai dengan rasa sakit ketika mengonsumsi makanan manis, dan minuman panas atau dingin.

Baca Juga:  Bandara Kertajati Terhubung Tol dan Kereta

Beberapa penelitian mengungkapkan, minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat meringankan gejala sakit gigi. Selain itu, senyawa eugenol juga bersifat antiinflamasi, sehingga mampu meredakan peradangan terjadi di gigi.

Cengkeh juga mengandung sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan. Karena efek inilah, salah satu manfaat cengkeh dipercaya dapat meringankan gejala sakit gigi.

Baca Juga:  Lima Aplikasi Anti Lemot Saat Mengirim File Di Hp Android

Akan tetapi, hingga saat ini belum cukup bukti medis yang menunjukkan bahwa cengkeh efektif untuk mengatasi sakit gigi, sehingga masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan efektivitas manfaat cengkeh tersebut. (Red)