Disperindag Purwakarta Respons Soal Peredaran Ikan Sarden Berparasit Cacing

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Purwakarta akan lakukan inspeksi bersama instansi terkait soal indikasi beredarnya 27 produk ikan sarden (produk ikan kalengan) yang diduga mengandung parasit cacing.

“Kami sudah berkordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan inspeksi, terutama Disperindag Provinsi. Karena kewenangan pengawasan produk ada di mereka,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Kabupaten Purwakarta, Wita Gusrianita, Kamis (29/3/2018).

Baca Juga:  Diduga Mencurigakan, Petugas Tembaki Minibus

Menurutnya, selama ini pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap seluruh barang dagangan yang beredar di Purwakarta. Khususnya produk ikan kaleng berparasit cacing, setelah ramai diberitakan.

Baca Juga:  Perangkat Desa Absen Ke Acara Resmi, Uu Kecewa

Namun, pihaknya tidak boleh gegabah. Jika diperlukan penyitaan, Disperindag Purwakarta harus berkordinasi dengan Disperindag Provinsi, Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPOM RI, LPKSM, dan Kepolisian.

“Gak asal main sidak, lalu sita aja. Harus ada tahapannya. Dan yang berhak menyita juga lewat hasil keputusan tim dari sejumlah instansi terkait,” ujar Wita.

Baca Juga:  Ragam Manfaat Meniran Bagi Kesehatan, Diantaranya Bisa Cegah Virus

“Sampai saat ini, Disperindag Purwakarta sudah melakukan rapat terbatas dan sedang menunggu informasi yang rinci dari BPOM RI dan Disperindag Provinsi soal peredaran produk ikan kalengan tersebut,” tambahnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat