Gempa Bumi Kekuatan Magnitudo 5.5 Guncang Nias, Ini Kata BMKG

JABARNEWS I NIAS BARAT – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.5 guncang Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Rabu (14/4/2021) pukul 17.55 WIB.

Data BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,14 LU dan 96,65 BT berlokasi di laut pada jarak 133 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km di laut tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga:  Begini Cara Membuat Hasil Foto Potrait Di HP Terlihat Lebih Maksimal

Analisis pusat gempa bumi Regional 1 Medan, Chichi Nurhafizah menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas tektonik di zona outer-rise. 

Baca Juga:  Ingin Bisnis Kalian Selalu Ramai Konsumen? Coba, Lakukan Cara Ini

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Sirombu, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” tulisnya.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. 

Baca Juga:  Masih Buron, Sekdes Tersangka Korupsi Bansos di Bogor dalam Pengejaran Petugas

“Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada  kejadian gempa bumi susulan (aftershock),” bilangnya. (Ptr)