Gunung Sinabung Erupsi, Kolom Abu Teramati 1500 Meter

JABARNEWS I KARO – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara erupsi, kolom abu teramati 1500 meter diatas puncak 3.960 meter diatas permukaan laut, Senin (25/2/2021).

Kepala pos pengamatan gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 66 mm dan durasi 3 menit 11 detik.

Baca Juga:  KPU Majalengka Disibukkan Pendataan Orang Dengan Gangguan Jiwa

“Tadi siang gunung Sinabung erupsi dengan kolom abu teramati 1500 meter,” katanya.

Dikatakannya, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Baca Juga:  BMKG: Memasuki Musim Kemarau, Lahan Pertanian Perlu Penanganan Khusus

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik,” ungkap Armen.

Baca Juga:  PNS yang Tak Mau Dipindah ke Ibu Kota Baru RI, Silahkan Keluar!

Seorang warga, D Palawi mengaku jelas melihat erupsi gunung Sinabung luncurkan kolom abu ke udara dengan ketinggian 1500 meter dengan kondisi cuaca cerah.

“Jelas kali terlikat gunung Sinabung erupsi, kita takut terjadi erupsi susulan lebih besar,” ucapnya. (Red)