Ini Bahayanya Jika Terlalu lama Berendam Di Bak Mandi Air Panas

JABARNEWS | BANDUNG – Berendam santai di bak mandi air panas mungkin terdengar seperti cara ideal menghabiskan musim dingin yang sejuk. Tetapi ternyata berendam di bak air panas bisa menimbulkan bahaya meskipun jarang terjadi.

Penggunaan bak mandi air panas telah dikaitkan dengan beberapa jenis infeksi dan cedera. Namun, siapa sangka bahwa berendam di bak air panas ternyata memiliki dampak buruk.

Baca Juga:  Bapenda Jawa Barat Sebut Ada 4,7 Juta Lebih Kendaraan yang Menunggak Pajak Selama 2022

Oleh sebab itu berikut beberapa dampak buruk terlalu sering berendam air panas di bak yakni:

Pertama. Penyakit paru-paru – Penyakit paru-paru disebabkan bakteri yang dapat tumbuh subur di air hangat. Bakteri yang dikenal sebagai Mycobacterium avium complex (MAC), memiliki lapisan luar khusus yang memungkinkan mereka untuk menempel pada permukaan. 

Jika bak mandi air panas terkontaminasi dengan MAC, bakteri dapat menempel ke gelembung udara dan menjadi aerosol ketika gelembung mencapai permukaan.

Baca Juga:  Ingin Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal? Coba Lakukan Cara Ini

Kedua. Ruam – Jika Anda mengalami bintik-bintik gatal setelah menggunakan bak air panas, Anda mungkin mengalami ruam. Ini adalah salah satu penyakit yang lebih umum yang terkait dengan bak air panas menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Ruam disebabkan infeksi bakteri Pseudomonas aeruginosa. Gejalanya meliputi kulit gatal yang dapat berubah menjadi ruam merah bergelombang atau melepuh berisi nanah di sekitar folikel rambut.

Baca Juga:  Ketua KPU Pastikan Berkas Bacaleg 16 Parpol Lengkap

Ketiga. Infeksi legionella – Bak air panas beruap juga dapat menimbulkan risiko penyakit Legionnaires, sejenis pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Legionella. 

Bakteri ini ditemukan secara alami di dalam air. Bak air panas yang tidak didesinfeksi dengan benar dapat terkontaminasi dengan Legionella, menurut CDC. (Red)