Ini Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Mental

JABARNEWS | BANDUNG – Mendengarkan musik merupakan salah satu kebiasaan yang biasa dilakukan oleh hampir semua orang. Baik untuk bersantai di malam hari atau sebagai teman bekerja dan menyetir, mendengarkan musik biasa dilakukan pada waktu kapan pun.

Dibalik itu, ternyata mendengarkan musik memiliki manfaat bagi kesehatan mental. Hal tersebut tentunya jarang diketahui oleh sebagian banyak orang.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan mental yakni:

Pertama. Mengingatkan Kembali Hal yang Menyenangkan – Untuk kembali ke masa lalu dan mengingat hal menyenangkan, lagu bisa menjadi media menuju hal tersebut. Sebuah lagu bisa membawa kita kembali ke masa lalu ketika kita sering mendengarkannya atau memiliki momen tertentu saat mendengarkannya.

Baca Juga:  Di Subang, Warga Temukan Bayi Tak Bernyawa Terbungkus Jaket

Penelitian dari tahun 2019 oleh dr. Kelly jakubowski dari Durham University menemukan bahwa lagu bisa membawa kembali ingatan seorang lansia ke masa lalu. Hal ini terutama terjadi pada lagu yang mereka dengarkan pada usia 10 hingga 30 tahun, lengkap dengan memori dari masa itu.

Baca Juga:  Nelayan Pangandaran Gelar Syukuran Pergantian Tahun Hijriyah

Kedua. Musik Klasik Bisa Membantu untuk Fokus -Terganggunya fokus merupakan salah satu hal yang sering kita alami pada saat bekerja. Kesulitan fokus ini bisa membuat kita sulit menuntaskan tugas dan juga membuat hasil kerja kita tidak optimal.

Musik klasik bisa sangat membantu dalam meningkatkan fokus dan mengurangi gangguan yang muncul. Penelitian tahun 2007 dari Stanford University mengungkap bahwa mendengarkan musik klasik bisa membantu kita menyerap informasi secara lebih mudah.

Baca Juga:  Perangkat Desa Absen Ke Acara Resmi, Uu Kecewa

Ketiga. Membantu Mengatasi Rasa Sakit – Selain menghadirkan rasa senang, musik bisa membantu dalam mengatasi rasa sakit yang muncul. Hal ini tentu bisa sangat membantu dalam menghadapi permasalahan kita sehari-hari.

Hasil tinjauan dari 73 percobaan perbeda mengungkap bahwa seseorang yang mendengarkan musik sebelum, ketika, atau setelah menjalani prosedur operasi bisa menurunkan tingkat kecemasan dan rasa sakit setelah masa operasi. Terapi menggunakan musik ini bahkan juga bermanfaat bagi mereka yang mengalami rasa sakit kronis. (Red)