Ini Tanda Bearing Roda Mobil Rusak, Diantaranya Velg Terasa Panas

JABARNEWS | BANDUNG – Tanda bearing roda mobil rusak atau yang sering disebut laher roda, memang memiliki beberapa ciri yang jarang disadari.

Bearing roda mobil sendiri merupakan komponen penting yang berfungsi untuk membuat roda bisa berputar dengan lancar. 

Jika bearing roda mobil rusak, ada beberapa beberapa tanda yang mesti kalian ketahui. Lalu, apa saja tanda bearing roda mobil rusak?

Baca Juga:  ADB Sebut 122 Juta Orang Terancam Miskin Akibat Perubahan Iklim

Berikut beberapa tanda bearing roda mobil rusak yakni:

Pertama. Muncul bunyi gemuruh pada roda – Tanda bearing roda mobil rusak pertama yakni akan muncul dan bisa terdengar dari suara kabin pengemudi saat bearing roda adalah munculnya bunyi gemuruh pada roda. 

Bunyi gemuruh ini akan terdengar semakin cepat seiring bertambahnya kecepatan mobil. Hal tersebut bisa kalian segera cek.

Kedua. Roda goyang dan terasa oblak – Tanda bearing roda mobil rusak selanjutnya adalah roda menjadi goyang dan terasa oblak. 

Baca Juga:  Wisata Pantai Balongan Indah Indramayu, Cocok Untuk Rekreasi Keluarga

Hal ini akan terlihat jelas saat roda tidak menyentuh permukaan jalan (diangkat dengan dongkrak) lalu ban digoyang ke arah atas bawah dan kanan kiri. Ban yang goyang ketika digerakkan ke semua arah menandakan bearing roda mobil rusak.

Ketiga. Velg terasa panas selama mobil digunakan – Hal lainnya yang bisa menjadi tanda bearing roda mobil rusak adalah velg mobil yang terasa lebih panas dari biasanya, khususnya pada bagian tengah velg. 

Baca Juga:  Kabar Bahagia! Paula Verhoeven, Istri Baim Wong Lahirkan anak Kedua, Kiano Resmi Jadi Kakak

Meskipun belum bisa dipastikan sebelum anda melakukan pengecekan pada kondisi rem (macet atau tidak), hal ini bisa saja muncul akibat gesekan bearing roda yang semakin sering hingga menimbulkan panas. (Red)