IVA Test, Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

JABARNEWS | SOREANG – Kanker serviks  sangat mematikan. Untuk mencegah penyakit itu, perempuan harus melakukan langkah preventif. Selain melalui pola hidup sehat, deteksi dini lewat Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA Test) bisa ditempuh.

“Kanker masih menduduki peringkat pertama sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Sebagai perempuan sudah sepatutnya melakukan pencegahan. Langkah preventif bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan khususnya bagi perempuan melakukan deteksi dini dengan IVA test,” kata Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bandung, Ema Jubaedah, saat seminar Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara di Gedung Dewi Sartika Soreang, akhir pekan lalu.

Baca Juga:  Kemenhub Cabut Kapasitas Angkut Maksimal 70 Persen, Tertuang di SE Ini

Ema mengatakan, melalui IVA Test, perempuan dapat memperkecil risiko terkena kanker serviks.

“Perempuan yang belum terdiagnosa menderita kanker dianjurkan untuk melakukan IVA Test. Itu untuk menghindari kemungkinan terjangkit. Sedangkan bagi penderita juga dapat menjalankan pengobatan yang tepat agar dapat meningkatkan kualitas hidup,” terangnya.

Baca Juga:  Sekda Purwakarta, Iyus Permana Dinilai Paling Bersahabat Dengan Masyarakat

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bandung, Kurnia Dadang M. Naser, mengatakan, pelayanan pemeriksaan IVA Test baru tersedia di 22 Puskesmas dengan 22 tenaga kesehatan terlatih dan 15 dokter.

Baca Juga:  Bekasi Konsultasi Ke KPK Terkait Defisit Hampir Rp 1 Triliun

“Perempuan khususnya yang ada di Kabupaten Bandung bisa melakukan pemeriksaan IVA sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya masing-masing,” ujarnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat