Kadisdik Purwanto Ingatkan Guru Jaga Integritas Dan Tingkatkan Kapasitas

JABARNEWS | PURWAKARTA –Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta H Purwanto mengingatkan kepada guru agar dapat menjaga integritas profesinya. Hal ini penting, menurutnya setinggi apapun pendidikan guru, berapa banyakpun pelatihan-pelatihan yang diikuti, juga berapa banyakpun buku yang dibaca, akan menjadi tidak berarti apa-apa untuk kemajuan penddikan, jika guru tidak mempunyai integritas yang baik.

Disamping menjaga integritas, guru juga harus dapat terus meningkatkan kapasitas dirinya. Guru harus kreatif dan inovatif dalam membuat suasana belajar yang menyenangkan. Guru juga harus dapat mengikuti perkembangan arus teknologi informasi sebagai media pembelajarannya.

Baca Juga:  Mengunjungi Situs Megalitik Arca Domas Di Desa Tapos 1 Bogor

“Mendidik memiliki makna yang luas. Selain mengajar, guru bertugas mentransfer ilmu, menumbuh kembangkan potensi peserta didik. Maka guru berkewajiban mengajar, guru mesti meningkatkan kapasitas diri setiap saat dan menjadi insan literat. Guru harus memiliki kemampuan di atas rata-rata yang mencakup pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan penilaian. Seorang guru dituntut untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap umum khususnya pendidikan moral, akhlak, budi pekerti,” urainya saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum 2013 di Jl Purnawarman Barat Aula Kantor Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purwakarta.

Baca Juga:  Masyarakat Desa Cikalahang Tolak Pemanfaatan Air Oleh PDAM Tirta Kemuning

Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta H Purwanto

“Guru harus mampu dalam pengelolaan peserta didik yang meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman tentang peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki,” sambungnya.

Baca Juga:  Puluhan Desa Tertinggal Di Indramayu Butuh Sentuhan Ekonomi Kreatif

Kadisdik Purwanto juga menekankan guru harus memiliki kemampuan emosional dan penghayatan.

“Guru harus memiliki kemampuan emosional, pengalaman dan menghayati suatu hal. Yakni kesabaran, partisipasi, penghayatan nilai, pengorganisasian nilai, dan karakteristik diri termasuk juga kemampuan motoric menggiatkan dan mengkoordinasi gerakan,” pungkasnya. [jar]

Jabar News | Berita Jawa Barat