Kampung Langseng Yang Melegenda Di Desa Cileunyi Kulon Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Berlokasi di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terdapat Desa yang bernama Cileunyi kulon. Desa Cileunyi kulon dikenal sebagai sentra penghasil alat masak berbahan dasar seng atau biasa disebut langseng yang cukup melegenda.

Saat memasuki Kampung Langseng yang berada di Desa Cileunyi Kulon ini, kalian akan dengan mudah menemukan tempat pengrajin langseng ini. Mereka biasanya memproduksi alat masak berbahan seng mulai dari dandang, panci, langseng, wajan, hingga cerobong asap pabrik.

Baca Juga:  Ternyata, Istri Ketiga Opick Anggota Dewan

Teng, teng, teng suara palu yang sengaja dipukulkan kepada seng terdengar jelas dari luar rumah produksinya. Berbeda dengan industri pada umumnya, pembuatan alat masak di Kampung Langseng, seluruhnya dilakukan secara manual dan bertempat di halaman belakang rumah yang disulap menjadi bengkel produksi.

Sejak tahun 1980-an, Kampung Langseng di desa Cileunyi Kulon ini mulai memproduksi berbagai macam perkakas rumah tangga berbahan seng tersebut. Hingga kini, masanyakat, masih banyak yang menggunakan langseng untuk masak di dapur masing-masing rumah.

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/EkBzDpjqzf8″ title=”YouTube video player” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Baca Juga:  MK Tolak Gugatan Prabowo-Sandi

Sekedar informasi, lokasi Desa Cileunyi Kulon ini berada sekitar 1,4 KM dari gerbang tol Cileunyi. Kalian bisa sampai di tempat tersebut sekitar 10 menit.

Baca Juga:  Banjir di Pamanukan Subang Mulai Surut, Ini Kata BPBD

Selain sebagai pengrajin langseng, penduduk di desa Cileunyi kulon ini juga banyak yang berprofesi sebagai petani. Mulai dari petani padi di sawah hingga petani kopi.

Ditambah lagi, daerah desa cileunyi kulon ini juga cukup berdekatan dengan tempat wisata alam gunung Manglayang atau batu kuda. Dengan begitu setelah melihat proses pembuatan langseng kalian bisa langsung berkunjung ketempat wisata tersebut. (Red)