Kaya Akan Vitamin C, Berikut Manfaat Lidah Buaya

JABARNEWS | BANDUNG – Lidah buaya bernama latin Aloe vera adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan, dan tanaman hias, dan dapat juga ditanam di dalam pot. Lidah buaya banyak ditemukan dalam produk seperti minuman, olesan untuk kulit, kosmetika, atau obat luar untuk luka bakar.

Walaupun banyak digunakan secara tradisional maupun komersial, uji klinis terhadap tanaman ini belum membuktikan keefektifan atau keamanan ekstrak lidah buaya untuk pengobatan maupun kecantikan. Dilansir dari bebebrapa sumber, berikut manfaat lidah buaya bagi tubuh:

Baca Juga:  Golkar Targetkan 24 Kursi di Jabar dan Raih Suara Milenial

1. Membantu melancarkan pencernaan – Anda bisa menjadikan lidah buaya sebagai jus untuk membantu melancarkan pencernaan. Sebab, bagian luar lidah buaya mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar. Meski demikian, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak, serta tetap berhati-hati saat membersihkan dan mengolahnya.

2. Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C – Vitamin ini baik untuk kesehatan karena dapat berperan sebagai antioksidan dan membantu melawan inflamasi atau peradangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Bumi Dihadapkan pada Kepunahan Massal Tahun 2100, Ini Penjelasannya

3. Mengobati jerawat – Salah satu manfaat lidah buaya (Aloe vera) untuk kulit wajah yang sudah banyak diketahui adalah mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi jerawat yang meradang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat, sebanyak tiga kali sehari menggunakan cotton bud.

4. Mengatasi iritasi kulit – Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea, bisa membuat kulit menjadi kering dan teriritasi. Kandungan asam lemak dan enzim bradikinin pada lidah buaya, dapat membantu melembapkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.

Baca Juga:  Kinerja BNK Belum Terlihat, Kok Bisa?

5. Pembersih make up alami – Karena teksturnya yang lembut dan konsistensinya serupa gel, lidah buaya dapat digunakan sebagai pembersih make up alami. Gunakan bagian daging lidah buaya dan bersihkan, lalu haluskan. Dengan handuk yang berbahan lembut, oleskan gel lidah buaya ke wajah untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit.

Penulis: Muhammad Amaludin