Keterbatasan Fisik Tak Halangi Yana Berjualan Popcorn

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pasca kecelakaan saat bekerja, Yana Sutisna (39) kinj harus hidup tanpa kedua tangannya. Namun, dengan keterbatasan fisiknya itu Yana warga asal Perum Pondok Jaya blok H 4 nomor 4 Kelurahan Munjuljaya, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, tetap semangat mengais rejeki.

Hal itu patut menjadi motivasi, pasalnya Ia lebih memilih berjualan ketimbang meminta-minta belas kasihan dari orang karena kondisi tubuhnya yang tak sempurna.

Dengan mengandalkan kedua lengan tanpa tangan, bapak dari empat anak itu setika hari berjualan popcorn di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Parcom yang berlokasi di Jalan Letnan Jenderal Basuki Rachmat, tepatnya di Kelurahan Sindangkasih, Purwakarta.

“Saya berjualan popcorn ini sudah kurang lebih setahun semenjak saya mengalami kecelakaan saat bekerja satu setengah tahun lalu,” kata Yana, saat ditemui di tempat biasa dia berjualan, Kamis (17/1/2018).

Pasca musibah yang menimpanya, Yana mengaku sempat merasa putus asa untuk bisa kembali bekerja dan khawatir tidak bisa berbuat sesuatu untuk mengais rejeki bagi keluarganya.

“Namun Alhamdulillah, berkat dorongan dan dukungan semangat dari istri serta kerabat saya, secara perlahan rasa percaya diri saya mulai tumbuh kembali. Dan saya bisa membantu meringankan beban keluarga yang semenjak saya terkena musibah lebih besar ditnggung istri saya yang saat ini bekerja sebagai buruh karyawan pabrik,” cerita Yana.

Dia mengaku, setiap hari hanya mendapat untung Rp 30 hingga Rp 40 ribu rupiah dari hasil popcorn yang ia jual. Namun tak jarang hasil yang ia dapat jauh lebih sedikit dari nominal tersebut.

“Popcorn yang saya jual ini milik orang, dari satu bungkusnya saya dapat untung Rp 1.500 rupiah,” katanya.

Yana berharap, suatu saat dirinya bisa memiliki modal untuk merintis secara mandiri usaha yang saat ini dia jalani.

“Mungkin kalo kita yang buat terus kita juga yang menjual maka untungnya bisa sedikit lebih meningkat. Saya jualan sampai jam 8 malam, kadang kalau pulang suka nebeng temen, karena saya kan gak bisa bawa motor,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Baca Juga:  Cara Jitu Atasi Bau Badan, Simak Penjelasanya