Lampu Motor Kalian Gampang Mati? Begini Cara Merawatnya

JABARNEWS | BANDUNG – Lampu motor merupakan salah satu bagian dari sepeda motor yang sangat penting. Lampu pada sepeda motor memiliki peranan utama dalam memberikan bantuan penerangan saat sedang melintasi jalanan di malam hari.

Dengan begitu, kamu pun dapat berkendara dengan rasa aman dan nyaman hingga sampai ke tempat tujuan. Selain itu, lampu pada sepeda motor juga memiliki fungsi untuk membantu pengendara kendaraan bermotor lainnya untuk melihat keberadaanmu sehingga resiko terjadinya kecelakaan di malam hari pun dapat dihindari.

Baca Juga:  Denda Pelanggar PPKM Darurat di Kota Bandung Sudah Terkumpul Rp 30 Juta

Oleh Sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa cara merawat lampu motor agar awet yakni:

Pertama. Selalu Cek Kondisi Regulator Rectifier atau Kiprok merupakan bagian di dalam lampu motor yang sangat penting dan harus dicek secara berkala. Kiprok memiliki fungsi untuk menahan dan menstabilkan aliran listrik dari spul.

Aliran listrik tersebut nantinya akan disambungkan ke aki yang kemudian memicu lampu menyala. Jika lampu kamu mulai meredup, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh kiprok yang melemah.

Baca Juga:  Bikers Brotherhood 1% MC Berhasil Salurkan Alkes Penanganan Covid-19 di Jawa Barat

Kedua. Gunakan Lampu Jauh dan lampu Dekat Secara Bergantian – Banyak orang yang walaupun memiliki sepeda motor ternyata tidak menyadari bahwa pada sepeda tersebut terdapat lampu dekat dan lampu jauh.

Seringkali kamu hanya menggunakan satu jenis lampu, yaitu lampu jarak dekat saat berkendara baik di pagi hari maupun di malam hari. Padahal menggunakan salah satu lampu secara terus-menerus ternyata dapat mengakibatkan usia dari lampu tersebut menjadi lebih pendek.

Baca Juga:  Rupiah Tangguh Hadapi Penguatan Dollar AS

Ketiga. Periksa Kondisi Aki – Cara merawat lampu motor agar awet yang selanjutnya yakni selalu periksa kondisi aki motor. Fungsi lampu sepeda motor sepenuhnya bergantung pada kondisi aki.

Apabila aki motor soak, maka bisa dipastikan lampu motormu pun akan mengalami gangguan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kamu untuk melakukan pengecekan terhadap aki sepeda motor secara berkala. (Red)