Jangan Biarkan Tangki Bensin Mobilmu Kosong, Atau Ini Yang Akan Terjadi

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak pemilik mobil yang sering menunda untuk mengisi bahan bakar mobilnya sampai kondisi tangki Bensinnya kosong. Ternyata jika sering melakukan hal ini membuat kondisi mobil jadi berbahaya.

Akibat yang paling bisa dirasakan jika kamu seringkali mengisi bensin atau bahan bakar mobil sampai kondisi tangki kosong adalah cepat membuat rusak fuel pump atau pompa bahan bakar.

Oleh sebab itu berikut beberapa dampak yang ditimbulkan akibat sering mengosongkan tangki bengsi mobil yakni:

Pertama. Fuel Pump Menjadi Berkarat – Fuel pump ini fungsinya untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin, Jika fuel pump sudah berkarat, maka tidak akan berfungsi dengan baik. Paling fatal adalah fuel pump akan berhenti bekerja dan membuat mobil jadi mogok karena tidak ada bahan bakar yang terpompa ke mesin.

Baca Juga:  Baznas Bandung Salurkan Dana Zakat Sekitar Rp 1,1 Miliar

Selain itu, jika kondisi tangki bahan bakar sering kosong juga membuat kerja pompa bahan bakar ini menjadi lebih berat. Akibatnya fuel pump jadi cepat panas dan berisiko lebih cepat rusak.

Baca Juga:  Sungai Ciliwung di Depok Dicemari Limbah dan Warga

Kedua. Kotoran Pada Bensin Mengendap – kondisi tangki BBM yang kosong akan membuat kotoran yang mengendap di dasar tangki jadi bisa tersedot oleh fuel pump. Nah jika sudah begini maka kotoran akan naik ke mesin dan berbahaya bagi mesin mobil karena bisa membuat macet.

Sebaiknya, kalau kondisi tangki bahan bakar mobil kamu sudah habis separuh, sebaiknya langsung diisi. Atau paling tidak di kondisi tinggal seperempat tangki langsung diisi penuh lagi. Dengan begini maka kondisi fuel pump mobil kamu akan jauh lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga:  Yuk Rame-rame Nyoblos dan Selfie Di TPS

Ketiga. Fuel Pump Sudah Tidak Berfungsi – Kalau fuel pump sudah tidak berfungsi maka mobil akan langsung mogok tanpa ada peringatan. Biasanya tanda-tanda kalau fuel pump sudah waktunya diganti adalah saat mobil dinyalakan mobil akan mengalami tersendat atau sedikit batuk-batuk.

Jika mobil kamu sudah mengalami hal itu, sebaiknya dilakukan pengecekan pada fuel pump sebelum nantinya mati dan mobil kamu langsung mogok. Tentunya hal tersebut sangat merugikan kalian. (Red)