Master Rem Motor Kalian Sering Rusak? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Master rem motor rusak merupakan salah satu hal yang fatal. Sama dengan komponen lainnya, Master rem motor juga membutuhkan perawatan aga tetap awet dan tidak terjadi kerusakan.

Banyak faktor yang menjadi sebab mengapa master rem motor bisa rusak. Kerusakannya pun berdampak buruk pada performa motor. Rem sendiri merupakan komponen penting guna mengatur jarak serta kecepatan motor dijalan raya.

Baca Juga:  Ada Tema Unik di Sekolah Purwakarta

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa penyebab Master rem motor rusak yakni:

Pertama. Korosi Piston – Korosi merupakan salah satu penyebab master rem yang rusak. Hal ini karena reaksi kimia antara material besi dengan udara dan air yang mengelupas.

Master rem yang mengelupas membuat permukaannya mengalami kebocoran. Hal ini membuat sela-sela atau ruang untuk berkumpulnya kotoran dari proses berkendara.

Baca Juga:  Kabar Gembira! PPPK Dapat Kenaikan Gaji Istimewa Dari Pemerintah

Kedua. fek Karat – Karat kali ini menjadi masalah selanjutnya bagi master rem sepeda motor. Proses karat sendiri bermula dari logam (Fe) yang bereaksi dengan oksigen atau udara (O2) dan Air (H2O).

Reaksi kimia ini membuat logam atau besi terkikis secara alami untuk jangka waktu yang cukup lama. Jadi sebisa mungkin membersihkan motor secara berkala guna menjaga kualitas master rem.

Baca Juga:  Langgar Prokes, Petugas Bubarkan Pesta Adat Pemakaman di Toba

Ketiga. Minim Perawatan – Perawatan secara berkala merupakan kunci utama dibalik panjangnya umur kendaraan. Pengguna kendaraan jadi faktor utamanya dan master rem bisa jadi penyebab dari minimnya perawatan.

Motor membutuhkan berbagai perawatan secara bulanan. Baik dari penggantian komponen kendaraan, oli mesin, pencucian motor, hingga penggantian minyak rem. (Red)