Mengenal Ragam Manfaat Teh Barley Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Teh barley merupakan minuman yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang dari Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Tiongkok. Memiliki cita rasa panggangan dan sedikit pahit, teh barley terkadang dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Hal tersebut tidak lepas dari beragam manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Barley sendiri adalah biji-bijian yang biasa digunakan untuk bahan memasak maupun pelengkap makanan. Biji kering barley kerap digiling menjadi tepung sebelum kemudian diolah menjadi masakan. Mengandung banyak serat, barley sering dipakai menjadi bahan-bahan pembuat sereal, roti, hingga minuman beralkohol.

Baca Juga:  Hari Ini, Jajaran Polres Cianjur Disuntik Vaksin Covid-19

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat teh barley bagi kesehatan yakni:

Pertama. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas – Kaya akan kandungan antioksidan, teh barley membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Beberapa antioksidan yang ada dalam teh barley seperti asam klorogenat dan vanillic. Antioksidan yang terkandung dalam teh barley ini memberi efek antiradang.

Baca Juga:  Unik, Pemuda di Tasikmalaya Gunakan APD Saat Bangunkan Sahur

Selain itu, teh barley juga mempunyai kandungan antioksidan quercetin. Antioksidan ini mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung, tekanan darah, dan kesehatan otak.

Kedua. Memiliki potensi untuk melawan kanker – Teh barley memiliki potensi untuk mencegah kanker berkat kandungan antioksidannya. Menurut studi di China, disebutkan bahwa semakin rendah konsumsi barley pada suatu daerah, semakin tinggi angka kematian yang muncul akibat kanker.

Meskipun begitu, hal ini bukan berarti kanker disebabkan oleh tingkat konsumsi barley yang rendah. Masih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk mengetahui tentang potensi teh barley untuk mencegah penyakit kanker.

Baca Juga:  Greeneration Foundation Persiapkan Menuju Indonesia Circular Economy Forum ke-4

Ketiga. Mengatasi pengentalan darah – Ketika memiliki konsistensi yang sangat kental, sirkulasi darah akan menjadi terhambat dan memicu munculnya masalah kesehatan.

Menurut studi yang diterbitkan Journal of Nutritional Science and Vitaminology, teh barley disebut dapat meningkatkan fluiditas darah. Hal ini tentunya akan membuat sirkulasi darah yang sebelumnya terhambat menjadi lebih lancar. (Red)