Musim Libur, Stok Darah PMI Kabupaten Majalengka Terus Berkurang

JABARNEWS | MAJALENGKA – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Majalengka terus berkurang. Apalagi, saat ini musim liburan memasuki tahun baru, pendonor aktif juga sibuk rekreasi bersama keluarganya. Sementara permintaan darah dari pihak rumah sakit, selalu saja ada‎.

Salah seorang pendonor aktif, warga Majalengka, Anwar mengatakan dirinya seringkali ‎mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali. Hanya saja karena dua pekan ini sampai tanggal 2 Januari, Ia disibukkan dengan urusan akhir tahun dan liburan bersama keluarga, Ia pun lupa untuk mendonorkan darahnya.

Baca Juga:  Populasi Sapi di Purwakarta Meningkat Berkat Inseminasi Buatan

“Padahal itu sudah menjadi aktifitas rutin saya. Mungkin nanti awal tahun saya akan mendonorkan darah. Bagi saya, rutin mendonorkan darah itu suatu kesehatan untuk pribadi.” ungkapnya, Minggu (30/12/2018).

Baca Juga:  Berikut Beberapa Miracle fruit Bagi Kesehatan Tubuh

Sementara itu, petugas dari PMI, Siti Maesaroh mengatakan stok darah saat ini memang terus mengalami penurunan. Bagi pendonor aktif sekalipun, pada bulan Desember 2018 ini terlihat kurang bergairah, karena kesibukan akhir tahun dan rekreasi atau berlibur bersama keluarga.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: KBB dan Kota Tasik tidak Lagi Zona Merah

“Sementara permintaan dari pihak rumah sakit selalu saja ada, sehingga jika ada permintaan darah, kami sarankan untuk minta pendonor aktif dari pihak keluarga pasien, mengingat stok darah terus berkurang. Mungkin awal tahun nanti, pendonor bisa lebih banyak lagi, semoga,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat