Pimpin Hasil Survei, Yossi-Aries Mantapkan Posisi

JABARNEWS | BANDUNG – Pasangan calon wali kota Bandung Yossi Irianto dan calon wakil wali kota Bandung Aries Supriatna semakin memantapkan posisi di mata warga Kota Bandung.

Berdasarkan hasil survei terbaru yang digelar dua lembaga survei berbeda, pasangan nomor urut 2 ini berhasil mengungguli dua paslon lain, Nurul Arifin-Chaerul Hidayat serta paslon Oded M Danial-Yana Mulyana.

Pada survei Bandung Research and Consulting, pasangan Yossi-Aries berhasil berada di posisi teratas dan meninggalkan para pesaingnya dengan tingkat elektabilitas 38,3 persen. Sedangkan Oded-Yana meraih 32,4 persen dan pasangan Nurul-Chaerul hanya meraih 18,2 persen. Sedangkan sebanyak 11,1 persen responden mengaku belum tahu atau merahasiakan pilihannya.

Baca Juga:  Blusukan ke Kota Bandung, AMS dan ACT Bagikan Ratusan Beras dan Daging

Sementara, berdasarkan survei yang digelar Indonesia Strategic Institute (Instrat), pasangan Yossi-Aries juga mengungguli dua paslon lainnya dengan raihan 29,77 persen. Sedangkan posisi kedua ditempati Yana-Oded dengan 29,09 persen dan Nurul-Chairul berada di peringkat buncit dengan raihan 27,27 persen. Sedangkan tidak menjawab/belum menentukan pilihan 12,73 persen.

Peneliti Instrat, Sidratun Naim dalam rilis yang diterima wartawan mengatakan survei menggunakan teknik wawancara terstruktur secara face to face langsung dengan responden di 30 kecamatan di Kota Bandung. Survei dilaksanakan pada 12-15 Mei 2018 dengan margin of error 4,6%. Jumlah responden sebanyak 440 orang.

Baca Juga:  Waspada! Tiga Jenis Makanan Ini Mesti Dihindari Ibu Hamil, Diantaranya Telur

“Tipisnya perbedaan potensi elektabilitas ketiga paslon akan membuat pilkada Kota Bandung akan sangat kompetitif hingga menjelang pencoblosan,” kata Sidratun, Senin (28/5/2018).

Sementara itu Director of Public Communication Bandung Research and Consulting, Soleh Hadisutisna mengatakan pada survei tersebut pihaknya menyampaikan pertanyaan sederhana yaitu “Jika pilwalkot Bandung dilaksanakan hari ini dari tiga pasangan, siapa yang akan dipilih?”

“Hasilnya ternyata pasangan Yossi-Aries berhasil meraih suara paling banyak dengan 38,3 persen,” kata Soleh.

Hasil itu diakuinya diluar prediksi. Sebab, pada survei pertama yang digelar sebuah lembaga survei, pasangan Oded-Yana berada di posisi teratas dengan raihan elektabilitas sebesar 45 persen. Sementara, pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna berada di posisi kedua dengan tingkat elektabilitas 31,5 persen dan disusul pasangan Nurul-Chaerul Yaqin di posisi terbawah dengan tingkat elektabilitas sebesar19 persen.

Baca Juga:  Tasik Seharusnya Asik Tanpa HIV AIDS

“Dari ketiga calon Walikota, Yossi Irianto juga memiliki elektabilitas paling tinggi dengan 35,7 persen, Oded M Danial sebesar 31,2 persen dan Nurul Qomaril Arifin dengan 17,6 persen. Dan tidak menjawab/rahasia 15,5 persen,” kata Soleh. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat