Ragam Manfaat Diet Pescatarian Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker

JABARNEWS | BANDUNG – Pescatarian adalah pola makan tanpa mengkonsumsi daging. Namun, orang yang menjalani pola makan ini masih mengkonsumsi ikan dan jenis makanan laut lain, seperti kerang dan udang, serta telur dan susu.

Mirip vegetarian, seorang pescatarian bisa mengkonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian. Ada banyak manfaat diet Pescatarian bagi kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat diet Pescatarian bagi kesehatan tubuh yakni:

Pertama. Cegah masalah jantung dan stroke – Ikan, terutama yang berlemak, adalah sumber asupan asam lemak omega-3 rantai panjang. Lemak tak jenuh ini sangat bermanfaat bagi manusia. Karenanya, ikan merupakan salah satu makanan paling sehat untuk jantung.

Baca Juga:  Kisah Heroik Soleman Kamenglet Sang Juru Selamat dari Alor

Berbagai penelitian skala besar telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur memiliki tekanan darah lebih rendah, risiko irama jantung abnormal yang lebih rendah, penurunan risiko stroke, serta risiko serangan jantung yang lebih rendah dibanding orang-orang yang tidak mengkonsumsi ikan.

Baca Juga:  PT RSI Serahkan Makanan Tambahan Untuk Ribuan Balita dan Ibu Hamil di Samosir

Kedua. mencegah kanker kolorektal – Pola makan diet pescatarian memiliki risiko dari semua kanker kolorektal yang jauh lebih rendah dibanding nonvegetarian. Hal ini juga termasuk risiko kanker usus besar yang diteliti secara spesifik.

Hal tersebut tertulis dalam jurnal yang berjudul Vegetarian Dietary Patterns and the Risk of Colorectal Cancers” dalam jurnal JAMA Internal Medicine pada 2015.

Ketiga. Baik untuk kesehatan otak – Fungsi otak manusia menurun seiring bertambahnya usia. Meski ini hal normal, tetapi beberapa penyakit neurodegeneratif serius seperti Alzheimer juga dapat menyerang. Karenanya, melindungi otak untuk mencegah penyakit seperti ini sejak dini dengan mengkonsumsi ikan penting dilakukan.

Baca Juga:  Gomez Geram Atas Sanksi Supardi

Banyak penelitian observasional yang menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak ikan memiliki tingkat penurunan mental yang lebih lambat. Mengkonsumsi ikan setiap minggunya juga meningkatkan materi abu-abu, jaringan fungsional utama di otak yang berfungsi untuk mengatur emosi dan memori. (Red)