Selama Pandemi Covid-19, Warga di Cianjur Sering Keluhkan Tiga Penyakit Ini

JABARNEWS | CIANJUR – Di masa pandemi Covid-19 saat ini, penyakit paling banyak dikeluhkan atau diderita warga di Puskesmas Nagrak, Kecamatan Cianjur kota, Kabupaten Cianjur ada tiga kategori.

Hal tersebut dijelaskan seorang perawat dari Puskesmas Nagrak Enjang Koswara, kepada JabarNews.com, dalam keterangan tertulisnya saat dikonfirmasi langsung, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga:  BNPB Imbau Masyarakat Antisipasi Peralihan Musim

Kepala Puskesmas Nagrak dr. Dikdik melalui seorang perawat Enjang Komara mengatakan, di masa pandemi Covid-19, itu penyakit yang paling banyak dikeluhkan warga diantaranya seperti diare, ispa dan hipertensi.

“Nah, untuk mengatasi penyakit tiga kategori tersebut harus mempunyai jamban atau toilet (WC) sehat,” katanya, pagi ini.

Baca Juga:  Truk Muatan Gabah Terguling di Pangandaran, Oleng Hindari Bus di Tikungan

Dia menuturkan, setiap rumah harus mempunyai spiteng juga tidak membuang kotoran ke sungai, mempunyai tong sampah, dan tidak merokok.

“Mengatasi penyakit hipertensi dengan cara pola hidup bersih sehat (PHBS) harus terkontrol,” terang Enjang.

Masih ujarnya, mengurangi makanan seperti kadar garam, mengurangi makanan berlemak juga.

Baca Juga:  Pemerintah Sulut Ajukan Kolintang Jadi Warisan Dunia

Lanjut Enjang, untuk para pasien yang berobat ke Puskesmas Nagrak harus tetap mematuhi anjuran dari pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) program 5 M dari pemerintah.

“Ya, hal tersebut sebagai upaya untuk antisipasi dan mencegah penyebaran virus Covid-19,” singkat salah seorang perawat Puskesmas Nagrak. (Mul)