Simak! Ini Peluang Formasi CPNS 2021 bagi Lulusan SMA/SMK

JABARNEWS I BANDUNG – Pemerintah telah mengumumkan rencana rekrutmen calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada 2021 ini.

Penerimaan dilakukan melalui tiga kategori, yakni Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sekolah kedinasan, dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyebut, ada 1.275.387 formasi yang dibutuhkan di tingkat pusat maupun daerah.

Dari sekian banyak formasi yang dibuka, terdapat persyaratan tingkat pendidikan minimal bagi pelamar. Mayoritas di tingkat diploma atau sarjana, tetapi beberapa instansi membuka formasi bagi lulusan SMA/SMK.

Berikut ini adalah sejumlah instansi yang menyediakan formasi untuk lulusan SMA/SMK, sebagaimana dikutip dari Kompas, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga:  Insan Pers Apresiasi Pemerintah, Wartawan Lebih Awal Dapat Vaksin Covid

Kejaksaan Agung. Berdasarkan Nota Dinas Nomor B-138/C/Cp.2/1/2021 Kejaksaan Agung, instansi ini membutuhkan 4.511 formasi yang terdiri dari berbagai posisi.

Untuk lulusan SMA sederajat terdapat 988 formasi di 2 posisi yang dapat diisi, yakni pengawal tahanan/narapidana dan pengadministrasi penanganan perkara. Masing-masing terdiri dari 494 formasi.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonarda Eben Ezer Simanjuntak membenarkan perihal nota dinas tersebut. Akan tetapi, ia menyebut data yang ada di dalamnya belum bersifat final.

“Nanti kemudian masih harus mendapatkan persetujuan dari Jaksa Agung dan selanjutnya persetujuan dari MenPAN RB. Oleh karena itu, Nodis tersebut belum dapat dijadikan acuan dan belum final,” ujar Leonarda.

Baca Juga:  DPRD Apresiasi Pemprov Jabar Atas Opini WTP Untuk Keenam Kalinya

Sekolah Kedinasan. Bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan kariernya sebagai seorang ASN juga bisa mendaftar melalui Sekolah Kedinasan.

Nantinya, pelamar lulusan SMA sederajat yang dinyatakan diterima, akan menjalani masa pendidikan khusus di bidang tertentu, dan setelah itu akan otomatis menjadi seorang CASN.

Tahun ini, sekolah kedinasan yang ada di bawah 8 kementerian/lembaga telah membuka pendaftaran dengan menyediakan total 8.555 formasi. Saat ini proses pendaftaran sudah ditutup dan mulai memasuki tahap seleksi.

Sementara itu, rincian formasi resmi CASN 2021 belum dipublikasikan oleh pemerintah, dalam hal ini KemenPAN-RB atau pun Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Untuk formasi CPNS saya belum punya data formasinya. Tunggu nanti setelah keluar ya,” kata Plt. Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono.

Baca Juga:  Selama Pandemi Covid-19, Warga di Cianjur Sering Keluhkan Tiga Penyakit Ini

Oleh karena itu, belum diketahui secara pasti instansi mana saja yang membuka formasi CASN di tahun 2021 bagi lulusan SMA/SMK sederajat selain Kejaksaan Agung RI dan Sekolah Kedinasan.

Jika melihat formasi CPNS yang dibuka pada tahun 2019, maka ada beberapa kementerian/lembaga yang memiliki formasi untuk pendaftar lulusan SMA/SMK yang bisa jadi kembali dibuka di tahun 2021 ini.

Kementerian/lembaga tersebut adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Badan Intelijen Negara. (Red)