Siswa SMK Taruna Sakti Ini Wakili Purwakarta Di Duta Dan Forum Pelajar Sadar Hukum – HAM

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 200 pelajar SMA/SMK se-Jawa Barat dinobatkan sebagai Duta dan Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM dari kalangan pelajar, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018). Program itu diprakarsai oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Acara tersebut dihadiri Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Kepala Bidang HAM, Kepala Biro Hukum Peprov Jabar, Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Jabar, perwakilan Kejaksaan Tinggi Jabar, dan perwakilan Kemenham.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heriawan, mengajak semua bersama-sama memikirkan dan mengambil peran dalam meningkatkan kesadaran hukum di tengah masyarakat, khususnya para kaum pelajar. Itu penting dilakukan untuk mengantisipasi persoalan yang menimpa dunia pendidikan, seperti mengkonsumsi narkoba, pornografi, kekerasan, radikalisme, dan intoleransi

Baca Juga:  Ini Alasannya Mengapa Foto Pada Paspor Lebih Baik Tersenyum

“Kesadaran hukum harus ditanamkan sejak dini kepada para pelajar karena di tangan merekalah masa depan bangsa ini dipertaruhkan. Para Duta diharapkan dapat mensosialisasikan pentingnya kesadaran hukum dan HAM bagi pelajar dan Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM di 27 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat,” kata Aher.

Baca Juga:  Sampah Laut dan Sungai Ancam Kerusakan Magrove di Pangandaran Lebih Parah

Dikatakannya, pengukuhan ini menjadi semangat untuk meningkatkan kinerja dan prestasi serta meminimalisir terjadinya kriminalitas yang dilakukan kalangan pelajar.

Pada kesempatan yang sama, Bayu Giri Prameswara, perwakilan SMK Taruna Sakti, satu-satunya SMK Swasta dari Purwakarta, yang didapuk membacakan ikrar Duta dan Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM, merasa bangga dan bahagia.

“Deg-degan, haru, bangga campur aduk. Pokoknya waktu diberikan tugas membaca ikrar, Alhamdulillah lancar,” katanya.

Kepala SMK Taruna Sakti, Yayang Gilang, mengatakan, pihaknya memberikan pendidikan secara disiplin terhadap anak didik.

Baca Juga:  Tiga Manfaat Mandi Subuh Bagi Kesehatan, Diantaranya Cegah Hipertensi

“Tapi kamipun membawa taman yang indah untuk mereka. Sehingga kedisiplinan yang dirasa cukup keras, membuat anak didik kami menjadi lulusan-lulusan yang bermental baja tapi memiliki sopan santun yang baik,” katanya.

Menanggapi Duta dan Forum Pelajar Sadar Hukum, Gilang mengatakan, “Itu dia Bayu, sebagai bukti bahwa SMK Taruna Sakti dengan segala kualitasnya. Semoga menjadi motivasi bagi murid-murid lainnya.” (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat