Terdata Sementara 373 Tewas Dan Ribuan Luka Akibat Tsunami Selat Sunda

JABARNEWS | JAKARTA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, korban tewas akibat tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung sementara ini terdata sebanyak 373 orang dan 1.459 orang lainya mengalami luka-luka.

“Data sementara dampak bencana tsunami yang menerjang pantai di Selat Sunda hingga Senin (24/12/2018) pukul 17.00 WIB, tercatat 373 orang meninggal dunia, 1.459 orang luka-luka, 128 orang hilang, dan 5.665 orang mengungsi,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Senin (24/12/2018) dikutip detiknews.com.

Baca Juga:  Minibus Tabrak Lampu Jalan

Untuk kerugian fisik lanjutnya, sebanyak 681 unit rumah rusak, 69 unit hotel dan villa rusak, hingga 420 unit perahu dan kapal rusak.

Baca Juga:  Oded-Yana Prediksi Raih 45-60 Persen Suara

Saat ini tim gabungan masih terus melakukan penyisiran dan evakuasi terhadap korban.

“Tim SAR gabungan terus melakukan penyisiran, evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban bencana tsunami di sepanjang daerah terdampak landaan tsunami di Selat Sunda. Beberapa daerah yang sebelumnya sulit dijangkau karena akses jalan rusak dan tertutup oleh material hanyutan tsunami, sebagian sudah dapat jangkau petugas beserta kendaraan dan alat berat,” tuturnya.

Baca Juga:  Kenali Beberapa Penyakit Berbahaya Lewat Warna Urine, Berikut Penjelasanya

Sutopo menyatakan penanganan darurat terus dilanjutkan dengan fokus pada evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban, hingga perbaikan sarana dan prasarana umum.

Menurutnya, saat ini kondisi listrik masih padam sebagian dan sedang dalam pemulihan oleh petugas PLN. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat