Tiga Manfaat Daun Gandarusa Bagi Kesehatan, Diantaranya Atasi Sakit Mata

JABARNEWS | BANDUNG – Nama ilmiah Gandarusa adalah Gendarussa vulgaris atau Justicia gendarussa Burm dan milik keluarga Acanthaceae. Warna pohonnya ungu tua dan berubah menjadi coklat mengkilap di usia tua.

Daun Gandarusa dikenal oleh banyak orang. Tanaman herbal ini memiliki beberapa efek farmakologis, yang membuatnya layak untuk dimasukkan dalam daftar tanaman obat.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat dari daun gandarusa bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Libur Lebaran, Curug Tilu Dipadati Pengunjung

Pertama. Obat Sakit Mata – Manfaat daun gandarusa yang pertama bagi kesehatan yakni sebagai obat sakit mata. Infeksi kuman di mata dapat menyebabkan penyakit belek(mata merah).

Selain penggunaan air rebusan sirih merah, Air rebusan lain dengan daun Gandarusa juga dapat digunakan. Oleskan air rebusan daun garusarusa sebagai tetes mata.

Baca Juga:  Terima Tawaran Tiongkok, Emil: Masyarakat Jangan Xenofobia.

Kedua. Obat Sakit Telinga – Manfaat Selanjutnya dari daun gandarusa untuk kesehatan yakni bisa untuk obat sakit telinga. Sakit telinga bisa diobati dengan obat tradisional.

Caranya adalah merebus segenggam daun gandarusa dengan air. Biarkan mendidih dan air berkurang setengahnya. Setelah air dingin, masukkan ke lubang telinga, yang terasa menyakitkan.

Ketiga. Mengatasi Nyeri Sendi dan Otot – Minyak gondopuro atau gandarusa mengandung methyl salicylate yang dapat menimbulkan sensasi rasa hangat serta membantu melancarkan peredaran darah.

Baca Juga:  Ratusan Pemudik Terlantar Di Terminal Tipe A Tasik

Oleh sebab itu, biasanya minyak gondopuro sering orang gunakan sebagai obat urut atau minyak gosok untuk pemijatan. Sensasi rasa hangatnya juga dapat mengatasi nyeri sendi, nyeri otot dan sekaligus menghilangkan pegal-pegal. (Red)