Tiga Penyebab Mata Bayi Belekan, Salah Satunya Karena Virus

JABARNEWS | BANDUNG – Pada umumnya, mata belekan terjadi pada bayi yang baru lahir. Kondisi tersebut lantaran lambatnya perkembangan pembukaan saluran mata bayi. Akibatnya, air mata yang seharusnya keluar ke permukaan malah tertahan di sudut mata.

Hal tersebut menjadi penyebab tumpukan kotoran atau belek pada bagian mata bayi. Namun Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena biasanya itu akan sembuh dengan sendirinya.

Selain itu, ada beberapa penyebab mata bayi belekan yakni:

Baca Juga:  Kenakan Kemeja Putih Bupati Minahasa Selatan Datangi Istana Presiden

Pertama. Penyumbatan saluran air mata – Dikutip dari Mayo Clinic, penyumbatan saluran air mata disebut juga dengan obstruksi duktus nasolakrimalis dalam bahasa medis.

Ini adalah kondisi ketika air mata tidak dapat masuk kembali ke dalam saluran mata. Saluran air mata atau duktus nasolakrimalis berfungsi mengalirkan air mata dari sudut bola mata ke hidung. Kemudian menguap seiring dengan udara pernapasan yang mengaliri hidung.

Baca Juga:  Gomez: Perjuangan Argentina Di Fase Grup Akan Berat

Kedua. Infeksi Virus atau Konjungtivitis – Konjungtivitis adalah sakit mata yang ditandai dengan mata merah dan terasa gatal. Penyakit mata ini dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri.

Kondisi ini biasanya akan merangsang mata untuk memproduksi lebih banyak lendir dan cairan. Lambat laun, lendir yang menumpuk dapat membentuk belek yang muncul di sudut-sudut mata bayi.

Baca Juga:  Lagi Asyik Makan Dibubarkan Polisi, Kapolresta Tasikmalaya: Ini PPKM Darurat

Ketiga. Kelilipan Benda Asing/Debu – Kelilipan juga menjadi salah satu penyebab mati bayi belekan. Apabila kotoran yang menempel pada mata tidak segera dihilangkan, mata anak kita akan langsung bereaksi dan memproduksi nanah.

Bayi memang belum bisa berbicara jika ia tengah kelilipan. Sehingga kita perlu memastikannya dengan seksama. Tentunya hal tersebut bisa membuat kalian para orang tua menjadi lebih teliti dan waspada. (Red)