Ubah Pola Hidup, Penerima Bansos Ikuti FDS

JABARNEWS | SUBANG – Dalam upaya memberikan pengetahuan bagi penerima Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH), Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Subang melaksanakan Bimbingan Peningkatan Kemampuan/Pengetahuan Keluarga PKH atau yang sering disebut Family Development Session (FDS). Kegiatan itu digelar di Aula Kecamatan Patokbesi, Senin (26/3/2018).

Menurut Ketua Koordinator Kecamatan Patokbeusi, Prio, kegiatan tersebut ditujukan kepada peserta penerima Bansos non tunai PKH. Diharapkan, masyarakat miskin penerima bantuan, bisa mengubah prilaku hidupnya menjadi masyarakat yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

Baca Juga:  Insinerator di Tasikmalaya Meledak, Relawan Kebersihan Jadi Korban

“Untuk jumlah penerima PKH ada 4.005 masyarakat kurang mampu. Kegiatan ini dilakukan dalam beberapa kali pertemuan secara bergilir. Satu kali pertemuan diikuti oleh 100 orang peserta penerima PKH,” ujar Prio, Senin.

Selain itu, kata Prio, kegiatan sosialisasi FDS ini untuk memudahkan komunikasi dengan para penerima PKH. Selanjutnya, sambung dia, hasil dari kegiatan FDS mereka (penerima PKH) akan dilakukan evaluasi.

Baca Juga:  Warga Diimbau Lapor BPOM Kota Bandung Jika Menemukan Tempat Penjual Obat Tanpa Izin

“Setelah kita berikan pengarahan kepada masyarakat penerima PKH, akan kita evaluasi, apakah prilaku hidup sehari-harinya berubah atau tidak,” tambah Prio.

Prio berharap dengan adanya program FDS ini, para penerima PKH ini bisa mengubah pola hidup lebih baik daripada sebelumnya. Selain itu, memiliki prilaku sehat, pola hidup mandiri dan kreatif.

Baca Juga:  Dedi Mulyadi: Airlangga Hartarto Punya Dua Modal Penting Sebagai Presiden

“Yang terpenting pola hidupnya tidak konsumtif harus rajin menabung. Dan yang paling utama menjadikan keluarga yang peduli Pendidikan baik formal maupun pendidikan non formal,”ungkap Prio.

Kegiatan sosialisasi FDS tersebut didukung sepenuhnya oleh Dinas Sosial Subang.

“Kegiatannya sangat bagus, kami sangat mendukungnya,” timpal Kasi Kesos Dinas Sosial, Ipa Slamet, yang hadir di lokasi kegiatan. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat