‘Ucapan Selamat Datang’ Oded M Danial ke Kapolrestabes Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M Danial mengucapkan selamat datang kepada Kombes Pol Aswin Sipayung yang kini menjabat sebagai Kepala Polrestabes Bandung, menggantikan Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya.

Oded M Danial pun mengajak Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung untuk bersama-sama berkonsentrasi penuh menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Bandung, Jawa Barat.

Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat dan salah satu kota besar di Indonesia, menurut Oded M Danial, Kota Bandung kerap menjadi tolak ukur situasi keamanan dan ketertiban nasional.

Oleh karena itu, dia menilai bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Bandung perlu perhatian besar. Oded juga menekankan bahwa pelayanan publik harus menjadi prioritas.

Baca Juga:  Indra Mengaku Petik Pengalaman Dari Lawan Persija

“Bandung ini menjadi parameter, sehingga urusan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) menjadi tanggung jawab yang luar biasa” kata Oded M Danial dalam pertemuan dengan Kapolrestabes Bandung di Pendopo Kota Bandung, Kamis (26/8/2021).

Oded M Danial memaparkan, Kota Bandung mempunyai persoalan berbeda dengan wilayah lain. Namun, justru Kota Bandung memiliki ciri khas soliditas masyarakat yang cukup terjaga dengan baik.

“Mungkin sama seperti kota kabupaten lain ada dinamikanya, tetapi di Kota Bandung dinamikanya unik, dengan persoalan-persoalan yang ada,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolrestabes Bandung sempat menyampaikan sejumlah programnya terkait penjangkauan layanan kepada masyarakat. Di antaranya, yakni pembuatan pos polisi (pospol) di sejumlah wilayah. 

Baca Juga:  Lagi, Contra Flow Diberlakukan Di Tol Palikanci

“Saya sangat mendukung. Kalau di bahasa visi misi saya itu desentralisasi. Dengan desentralisasi ini diharapkan pelayanan publik lebih baik, mendekatkan kepada masyarakat,” Oded menjelaskan.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengaku sengaja datang ke Pendopo Kota Bandung untuk bersilaturahmi dengan Oded M Danial. Mengingat, dirinya baru ditugaskan ke Kota Bandung. 

Aswin Sipayung mengungkapkan, kolaborasi jajaran kepolisian dan Pemerintah Kota Bandung sangat penting agar setiap program menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bisa berjalan lancar.

“Kami mohon arahan-arahan apa yang perlu kami siapkan supaya Bandung kondusif. Saya lihat sekarang integrasi dan kolaborasi sudah bagus. Antara kami, Pemkot, dan Kodim sudah berjalan,” katanya.

Baca Juga:  Konsumsi Makanan Dan Minuman Ini Setelah Anda Muntah

Aswin Sipayung mengaku telah melakukan pemetaan di Kota Bandung. Dia menilai di sejumlah daerah memerlukan pos polisi tambahan. Hal itu karena kurang terjangkau secara optimal.

“Kami rencananya membuat pospol, karena polsek-polsek yang jauh tidak terjangkau oleh kapolsek dan jajarannya. Buat yang jauh-jauh itu, kita buat pospol kecil,” jelas Aswin Sipayung.

Menurut dia, jangkauan layanan jajaran kepolisian ini penting sebagai langkah mengantisipasi munculnya gangguan keamanan dan ketertiban. Sehingga upaya menjaga situasi kondusif bisa dilakukan sejak di level kewilayahan.

“Kalau ada hal tertentu, kita bisa redam dari yang terkecil. Dengan pertemuan-pertemuan harian bersama jajaran di tingkat polsek terlebih dahulu,” katanya. (Yan)