Waspada Jika Sering Merasa Haus, Bisa Jadi Kalian Menderita Penyakit Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Timbulnya rasa haus sebenarnya merupakan kondisi normal yang menandakan bahwa tubuh sedang membutuhkan cairan untuk menjalankan metabolisme.

Namun, rasa haus yang muncul sepanjang hari, terutama jika kalian sudah minum air yang cukup, bisa saja menjadi tanda adanya kondisi atau penyakit tertentu. Penting untuk kalian mengenal apa saja penyebab rasa haus.

Baca Juga:  Purna Paskibraka Purwakarta Bantu Dhuafa

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa penyebab sering haus yakni:

Pertama. Diabetes – Diabetes atau diabetes mellitus adalah penyakit yang terjadi ketika kadar gula darah meningkat terlalu tinggi dan sulit terkontrol. Penyakit ini terjadi karena hormon insulin tidak dapat bekerja dengan baik atau tidak diproduksi dalam jumlah yang cukup.

Ketika kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu tinggi, hal ini dapat membuat ginjal perlu memproduksi lebih banyak urine untuk membantu mengeluarkan glukosa dari tubuh. Efeknya, penderita diabetes akan merasa haus terus.

Baca Juga:  Hasbullah Rahmad Dorong Pemberian Insentif bagi Daerah yang Konsisten Mempertahankan Luas Kawasan Pertanian Pangan

Kedua. Anemia sel sabit – Anemia sel sabit adalah kondisi di mana sel darah merah memiliki bentuk yang tidak normal. Pada penderita anemia sel sabit, sel darah merah yang normalnya berbentuk cakram bikonkaf dan lentur akan terlihat seperti bulan sabit dan kaku, serta mengandung hemoglobin yang cacat.

Baca Juga:  Isak Tangis Sambut Jenazah Guru Ngaji Yang Tenggelam Di Kali Cikunten

Sel-sel darah merah abnormal ini bisa menghambat pembuluh darah dan mengakibatkan kerusakan pada organ dan jaringan tubuh. Jika kerusakan terjadi pada ginjal, keluhan sering haus akan muncul. (Red)