Laga Persipura Melawan Persib di Sidoarjo Dipastikan Tanpa Penonton

JABARNEWS | BANDUNG – Persipura Jayapura terpaksa harus menjamu Persib Bandung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dalam lanjutan Liga 1 2019, Senin (23/9/2019) tanpa kehadiran penonton, dengan alasan situasi keamanan di Papua.

Diberitakan laman resmi Persib, pihak keamanan dan Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan Persipura mengimbau agar kedua kelompok suporter, tidak datang ke stadion. Imbauan dan keputusan tersebut dituangkan melalui surat Panpel Persipura bernomor 16/Pan-Liga 1/2019, tentang Pemberitahuan Pertandingan Tanpa Penonton, tertanggal 19 September 2019.

Duel Persipura melawan Persib pada pekan ke-20 Liga 1 2019 yang akan digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (23/9) sore, dipastikan tanpa dihadiri penonton.

Baca Juga:  Jelang Lawan Arema FC, Persib Bandung Terus Berbenah

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho di Sidoarjo, Sabtu (21/9/2019), mengatakan izin pertandingan sudah terbit, namun dalam pelaksanaannya tanpa penonton karena pertimbangan kondisi keamanan yang belum kondusif.

“Kepolisian menindaklanjuti surat permohonan dari panitia pelaksana (Panpel) yang mengajukan izin pertandingan tanpa dihadiri penonton,” katanya di Sidoarjo.

Ia menjelaskan, alasan memilih pertandingan tanpa penonton mengingat perkembangan situasi kamtibmas di Jayapura Panpel belum mendapat izin diselenggarakan di Jayapura.

“Dengan mempertimbangkan waktu persiapan yang terlalu mepet dan untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, maka laga Persipura Jayapura menjamu Persib di GOR Delta Sidoarjo diputuskan diselenggarakan tanpa penonton,” ujarnya.

Baca Juga:  Guntur Bangga Bisa Kalahkan Persib di Kandangnya

Ia menjelaskan, pihaknya menghimbau suporter kedua kesebelasan agar mematuhi keputusan tersebut dan tidak datang ke stadion. “Dengan keputusan pertandingan tanpa penonton, maka Panpel Persipura pun tidak akan mencetak tiket pertandingan,” katanya.

Menurutnya, pihak Panpel sudah berkoordinasi dengan pengelola Gelora Delta untuk hanya membuka pintu utama saat pertandingan. “Pintu itu untuk pintu masuk pemain maupun official kedua tim dan perangkat pertandingan,” katanya.

Baca Juga:  Persib Bandung Reuni dengan Gomez di Babak 8 Besar Piala Indonesia

Untuk mengantisipasi datangnya suporter, Polresta Sidoarjo telah berkoordinasi dengan kedua manager kesebelasan dan koordinator lapangan suporter baik Persipura maupun Persib yang ada di Jawa Timur, jika pertandingan tersebut diizinkan tanpa penonton.

“Silahkan menonton melalui siaran live streaming di tempatnya masing-masing petugas pengamanan untuk menjaga pelaksanaan pertandingan tersebut agar berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,” katanya.

Dalam beberapa laga, termasuk saat menghadapi Persib, Persipura selaku tuan rumah harus menggunakan stadion selain Stadion Mandala Jayapura. (Red)