15 Warga Binaan Lapas Ciamis Bersihkan Masjid

JABARNEWS | CIAMIS – Sebanyak lima belas warga binaan (Narapidana) bersama para petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis melakukan aksi bakti sosial bersih-bersih di Halaman Masjid Agung Ciamis Sabtu siang (21/4/2018). Para Narapidana yang dilibatkan umumnya akan segera bebas dari Lapas.

“Tujuannya untuk mengintegrasikan pengenalan kembali warga binaan dengan masyarakat luar,” ujar Kepala Lapas Kelas II B Ciamis Gumilar Budi Rahayu saat kegiatan bersih-bersih. Kegiatan ini juga dalam rangkaian kegiatan hari bhakti permasyarakatan ke 54 ungkapnya dikutip dari detik pada Minggu (22/4/2018).

Baca Juga:  PPKM Darurat, Harga Cabai di Pasar Tadisional Karawang Merangkak Naik

Terlihat belasan narapidana Lapas Ciamis lengkap dengan sapu, pengki serta pemotong rumput mulai membersihkan sampah dan memotong rumput. Mereka langsung berbaur dengan para petugas kebesihan di lingkungan Masjid Agung Ciamis dan petugas lapas.

Diharapkan, narapidana ini tidak kembali melakukan perbuatan kejahatan. Mereka akan mampu bersosialisasi kembali dengan masyarakat. Selain itu narapidana Lapas Ciamis telah diberi bekal keterampilan untuk modal hidup setelah kembali ke lingkungan masyarakat.

Baca Juga:  Menelusuri Warung Kopi Pangku, Harga Selangkit, Ada ‘Layanan’ Tambahan

“Dengan bersih-bersih di halaman masjid agung ini juga memberikan semangat kepada warga binaan. Setelah beberapa lama berada di Lapas. Bisa tumbuh jiwa sosial dan berguna untuk lingkungannya,” jelas Gumilar.

Baca Juga:  Ribuan Purnawirawan Polri Disuntik Vaksin Covid-19

Sementara itu, Pengurus DKM Masjid Agung Ciamis Iskandar menyambut baik kegiatan bersih-bersih yang dilakukan para narapidana. Diharapkan kedepan setelah bebas dari Lapas, menjadi mantan narapidana yang dekat dengan masjid dan membantu memakmurkan masjid.

“Setelah bebas sebaiknya jangan jauh-jauh dari masjid, untuk bersama-sama memakmurkan masjid,” pungkasnya. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Warga Binaan tengah bersihkan Masjid Agung Ciamis, (Foto: Detik.com).